4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional (KF), terdapat empat prinsip utama yg perlu dipahami terutama oleh tutor, yaitu :
- Konteks lokal: Kegiatan pembelajaran dilaksana-kan dari minat, kebutuhan, pengalaman dan budaya lokal dan potensi yg dimiliki atau yang terdapat disekitar masyarakat belajar.
- Desain lokal: Tutor bersama masyarakat belajar KF perlu merancang aktivitas belajar pada grup belajar menjadi jawaban atas kebutuhan-kebutuhan belajar masyarakat belajar.
- Partisipatif: Tutor melibatkan rakyat belajar berpartisipasi secara aktif berdasarkan mulai termin perencanaan, penilaian output belajar sampai dengan tindak lanjut pembelajaran.
- Pemanfaatan hasil belajar: Hasil pembelajaran merupakan kecakapan yg bisa memecahkan perkara keaksaraannya serta menaikkan mutu kehidupan masyarakat belajar KF.
Keempat prinsip primer tadi harus diperhatikan pada menyusun aktivitas pembelajaran Keaksaaraan fungsional yg efektif.
0 Response to "4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.