-->

4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional (KF), terdapat empat prinsip utama yg perlu dipahami terutama oleh tutor, yaitu :
  1. Konteks lokal: Kegiatan pembelajaran dilaksana-kan dari minat, kebutuhan, pengalaman dan budaya lokal dan potensi yg dimiliki atau yang terdapat disekitar masyarakat belajar. 
  2. Desain lokal: Tutor bersama masyarakat belajar KF perlu merancang aktivitas belajar pada grup belajar menjadi jawaban atas kebutuhan-kebutuhan belajar masyarakat belajar.
  3. Partisipatif: Tutor melibatkan rakyat belajar berpartisipasi secara aktif berdasarkan mulai termin perencanaan, penilaian output belajar sampai dengan tindak lanjut pembelajaran.
  4. Pemanfaatan hasil belajar: Hasil pembelajaran merupakan kecakapan yg bisa memecahkan perkara keaksaraannya serta menaikkan mutu kehidupan masyarakat belajar KF.
Keempat prinsip primer tadi harus diperhatikan pada menyusun aktivitas pembelajaran Keaksaaraan fungsional yg efektif.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel