INILAH PENTINGNYA KEGIATAN BERMAIN MUSIK DI SEKOLAH
Zona bucin---Warga belajar serta murid sekalian, Musik merupakan keliru satu cabang seni, Musik bisa diwujudkan menggunakan adanya bunyi, menggunakan istilah lain media musik atau bahan untuk terwujudnya musik merupakan suara serta membisu. Menurut Remer (pada buku: Elliot, 1992) musik dibangun oleh unsur-unsur ritme, melodi, harmoni, tekstur, bentuk yg dibungkus sang kualitas musik yaitu unsur warna suara atau rona nada dan kekuatan (volume atau intensitas) atau dinamika suara.
Musik adalah bunyi yg disusun demikian rupa sebagai akibatnya mengandung irama, lagu, serta keharmonisan terutama menurut suara yg didapatkan dari indera-alat yang dapat membuat irama Walaupun musik merupakan homogen kenyataan intuisi, buat mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya merupakan suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik merupakan sebuah kenyataan yg sangat unik yang bisa didapatkan oleh beberapa alat musik. (wikipedia.org)
Kegiatan Bermain Musik di Sekolah
Bermain musik itu sangat krusial bagi seseorang, karena dapat menaikkan kemampuan musikal seorang yang selanjutnya bisa mempengaruhi secara positif bidang kemampuan yg lainnya. Bidang kemampuan yang dapat dipengaruhi secara positif oleh musik ini adalah bidang bahasa, komunikasi, fisik, emosi, esetetika, sosial , kognitif dan science.
Teori Multiple Intelligences yang dikembangkan Gardner pada tahun 1980-an, memperkuat pendapat bahwa seni khususnya musik ini memiliki fungsi dan pengaruh pada menyebarkan intelegensi seorang. Teori ini menaruh tentang yang lebih luas dalam memandang seorang secara holistik. Secara khusus tentang musik serta sekolah ini, teori multiple intelligences yang dikembangkan Garner ini memberikan ekspansi wawasan bahwa manusia mempunyai intelegen khususnya intelegen musikal.
Kecerdasan musikal didefinisikan sebagai kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal. Kemampuan ini, mencakup (1) kemampuan mempersepsi bentuk musikal, misalnya menangkap atau menikmati musik dan suara-bunyi berpola nada, (2) kemampuan membedakan bentuk musikal, seperti membedakan serta membandingkan ciri musikal suara, suara, serta indera musik, (tiga) kemampuan mengubah bentuk musikal, misalnya mencipta dan memversikan musik, dan (4) kemampuan mengekspresikan bentuk musikal, misalnya menyanyi, bersenandung, serta bersiul-siul. Hal ini berarti, kecerdasan musikal mencakup kemampuan mempersepsi dan memahami, mencipta, serta menyajikan bentuk-bentuk musikal (Armstrong, 2003).
Kegiatan Bermain Musik di Sekolah
Bermain musik itu sangat krusial bagi seseorang, karena dapat menaikkan kemampuan musikal seorang yang selanjutnya bisa mempengaruhi secara positif bidang kemampuan yg lainnya. Bidang kemampuan yang dapat dipengaruhi secara positif oleh musik ini adalah bidang bahasa, komunikasi, fisik, emosi, esetetika, sosial , kognitif dan science.
Teori Multiple Intelligences yang dikembangkan Gardner pada tahun 1980-an, memperkuat pendapat bahwa seni khususnya musik ini memiliki fungsi dan pengaruh pada menyebarkan intelegensi seorang. Teori ini menaruh tentang yang lebih luas dalam memandang seorang secara holistik. Secara khusus tentang musik serta sekolah ini, teori multiple intelligences yang dikembangkan Garner ini memberikan ekspansi wawasan bahwa manusia mempunyai intelegen khususnya intelegen musikal.
Kecerdasan musikal didefinisikan sebagai kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal. Kemampuan ini, mencakup (1) kemampuan mempersepsi bentuk musikal, misalnya menangkap atau menikmati musik dan suara-bunyi berpola nada, (2) kemampuan membedakan bentuk musikal, seperti membedakan serta membandingkan ciri musikal suara, suara, serta indera musik, (tiga) kemampuan mengubah bentuk musikal, misalnya mencipta dan memversikan musik, dan (4) kemampuan mengekspresikan bentuk musikal, misalnya menyanyi, bersenandung, serta bersiul-siul. Hal ini berarti, kecerdasan musikal mencakup kemampuan mempersepsi dan memahami, mencipta, serta menyajikan bentuk-bentuk musikal (Armstrong, 2003).
Seseorang murid pada sekolah yang menonjol pada perkembangan musik akan peka terhadap bunyi-bunyi di sekelilingnya, termasuk suara berdasarkan indera musik serta bunyi orang yang sangat mungkin nir diperhatikan oleh anak sebaya lainnya. Seseorang yang memiliki kepekaan tinggi ini suatu ketika terlihat sedih jika tanpa musik. Mereka lalu bersenandung buat memecah keheningan yg terjadi.
Tujuan kegiatan seni musik di sekolah bukanlah membuat anak sanggup membuat keterampilan spesifik dalam bermusik, namun lebih pada membantu anak buat bisa menyampaikan diri melalui seni musik tersebut. Dengan kegiatan bermain musik seorang anak didik bisa berkembang sebagai eksklusif yang lebih baik karena kemampuannya buat menyampaikan dirinya sebagai lebih kentara dan terarah.
Demikian tentang pentingnya kegiatan bermain musik di sekolah ini, semoga bermanfaat, Terima kasih.
0 Response to "INILAH PENTINGNYA KEGIATAN BERMAIN MUSIK DI SEKOLAH"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.