-->

PENGERTIAN DAN ISTILAH OPERASIONAL PNF DAN SKB

Berikut ini beberapa kata yg acapkali digunakan dalam kegiatan operasional Pendidikan Nonformal (PNF) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), yang digunakan sebagai bagian yg tidak terpisahkan menurut aktivitas pendidikan rakyat secara Nonformal dan Informal.

Pamong Belajar merupakan jabatan fungsional yg tugasnya melakukan kegatan belajar mengajar evaluasi dan melaksanakan kegiatan pengembangan contoh dari keahlian yang dimiliki.
"Pamong belajar adalah pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, kewenangan dan hak secra penuh oleh pejabat yg berwenang untuk melaksanakan kegiatan belajar dalam rangka pengembangan model serta pembuatan percontohan dan evaluasi dalam rangka pengendalian mutu dan efek pelaksanaan acara PTKPAUDNI". 

Angka Kredit adalah jumlah nomor output penilaian buat menentukan jenjang jabatan dan promosi Pamong Belajar.

Identifikasi adalah aktivitas mencari, menemukan, mengumpulkan, memasak, serta menyajikan data tentang grup sasaran, kebutuhan belajar, dan sumber daya (potensi) yg mendukung program kegiatan.

Instrumen adalah alat-indera yang digunakan buat memperoleh, memasak, mengumpulkan data, dan menilai suatu acara yg dilaksanakan.

Indikator merupakan kondisi atau berita yang dapat dipakai buat mengukur suatu keberhasilan.

Tolak Ukur merupakan suatu berukuran yang dipakai sebagai indera buat memperbandingkan aplikasi kegiatan dengan keberhasilan

Variabel merupakan ubahan atau ciri eksklusif yg akan digali menurut  tiap aspek yg akan dievaluasi.

Wilayah Binaan Khusus adalah daerah domisili SKB dan atau wilayah kecamatan terdekat menggunakan SKB

Pertelaan Kerja (PK) adalah kartu fakta yg dipakai buat menyusun data target, planning kerja serta katalog

Katalog Informasi Pendidikan adalah kartu fakta pendidikan yg berisi data aspek-aspek pendidikan Luar sekolah PNF. 

PKBM adalah singkatan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
"Pusat Kegiatan BelajarMasyarakat (PKBM)adalah suatu forum yang dibuat olehmasyarakat yang menampung aspirasi rakyat tersebut yang mempunyai aturantertulis maupun tidak tertulis tumbuh dalam rakyat serta bertujuan untukmencapai tujuan beserta. PKBM sebagaitempatbagiwarga belajar atau warga untukmemperoleh pengetahuan dan keterampilandengan memanfaatkan sarana prasarana dansegala potensiyangada disekitarlingkungankehidupan rakyat pada rangka untukmeningkatkan taraf hidupnya."

Pemberdayaan Masyarakat adalah perolehan kekuatan dan akses terhadap asal daya yg ada di warga serta lingkungannya untuk mencari nafkah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGERTIAN DAN ISTILAH OPERASIONAL PNF DAN SKB"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel