PENGERTIAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Multimedia adalah campuran menurut kata "multi" serta "media". Multi berarti banyak atau lebih berdasarkan satu, serta media berarti bentuk atau jenis wahana yg dipakai buat menyampaikan warta. Penggunaan televisi, video, dan film merupakan model penyampaian berita yang melibatkan beberapa komponen sekaligus, namun yg membedakan pelaksanaan multimedia dengan yg lain merupakan adanya interaksi antara pelaksanaan dengan manusia yang menggunakannya.
Multimedia juga diartikan sebagai sistem komputer yg terdiri berdasarkan hardware dan software yang menaruh kemudahan buat menggabungkan banyak sekali komponene misalnya gambar, video, grafik, animasi, suara, teks, dan data yg dikendalikan. Dengan acara komputer. Lima tipe dasar objek media :
1. Gambar
Multimedia bisa menyediakan objek yang berupa gambar pada bentuk foto, grafik, peta serta gambar-gambar lain. Untuk memperoduksi gambar bisa digunakan kamera digital, mencari gambar menurut banyak sekali asal, serta download gambar yang ada di internet.
2. Tulisan
Tulisan sebagai penyerta buat mengkomunikasikan warta yg disampaikan, memperjelas media lainnya atau buat tujuan ekspresi artistik.
3. Suara
Elemen suara-bunyian (musik, efek bunyi) untuk memperjelas kabar yg diberikan. Bisa jua dengan menggunakan secara terpisah buat memperjelas elemen media lainnya.
4. Gerakan
Animasi (tipe kartun, video, serta lain-lain) dapat digunakan menjadi cara lain buat memperjelas dan mengakibatkan lebih menarik dalam mengungkapkan fakta. Animasi bisa juga menyajikan beberapa campuran gambar yang ditampilkan secara berurutan.
5. Interaktivitas
Seseorang bisa mengoprasikan sendiri peralatan yg dipakai sinkron menggunakan kebutuhan, yg akan memperkuat ras percaya diri pengguna (user).
Pendapat lain menyatakan, konsep multimedia meliputi 3 level.
Multimedia juga diartikan sebagai sistem komputer yg terdiri berdasarkan hardware dan software yang menaruh kemudahan buat menggabungkan banyak sekali komponene misalnya gambar, video, grafik, animasi, suara, teks, dan data yg dikendalikan. Dengan acara komputer. Lima tipe dasar objek media :
1. Gambar
Multimedia bisa menyediakan objek yang berupa gambar pada bentuk foto, grafik, peta serta gambar-gambar lain. Untuk memperoduksi gambar bisa digunakan kamera digital, mencari gambar menurut banyak sekali asal, serta download gambar yang ada di internet.
2. Tulisan
Tulisan sebagai penyerta buat mengkomunikasikan warta yg disampaikan, memperjelas media lainnya atau buat tujuan ekspresi artistik.
3. Suara
Elemen suara-bunyian (musik, efek bunyi) untuk memperjelas kabar yg diberikan. Bisa jua dengan menggunakan secara terpisah buat memperjelas elemen media lainnya.
4. Gerakan
Animasi (tipe kartun, video, serta lain-lain) dapat digunakan menjadi cara lain buat memperjelas dan mengakibatkan lebih menarik dalam mengungkapkan fakta. Animasi bisa juga menyajikan beberapa campuran gambar yang ditampilkan secara berurutan.
5. Interaktivitas
Seseorang bisa mengoprasikan sendiri peralatan yg dipakai sinkron menggunakan kebutuhan, yg akan memperkuat ras percaya diri pengguna (user).
Pendapat lain menyatakan, konsep multimedia meliputi 3 level.
- Level teknis yg berkaitan menggunakan alat-alat teknik; alat-indera ini bisa dianggap menjadi tunggangan yg mengangkut tanda-pertanda (Signs).
- Level semiotik yg berkaitan menggunakan bentuk represential ini dapat dianggap sebagai jenis indikasi (Types of signs).
- Konsep multimedia tadi tidak dapat diabaikan, lantaran pengabaian terhadap salah satu level tersebut akan membawa pada kesalahan.
Ketika multimedia dipercaya sebagai terknologi liputan semata, berarti hanya berbicara satu level saja (yaitu level teknik). Padahal, dua level lainnya (level semiotic dan sensorik) pula sama pentingnya, dan kedua level ini membutuhkan keahlian bidang ilmu kognitif, psikologi, ilmu pendidikan, serta semiotik, saat serta uang yang diinvestasikan dalam multimedia akan sia-sia apabila multimedia hanya terbatas pada satu level saja, bukan ketiga-tiganya.
Komputer dan perangkat multimedia lain sebagai bentuk konkrit menurut ICT, cepat atau lambat pasti menjadi barang kebutuhan sehari-hari, termasuk pada pembelajaran menjadi upaya mempertinggi kualitas pendidikan. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan membawa kita pada situasi belajar dimana "learning with effort" (belajar menggunakan ditentukan/terpaksa) akan bisa digantikan menggunakan "learning with fun" (belajar dengan menyenangkan). Apabila situasi tersebut tidak terjadi, maka multimedia sekurang-kurangnya dibutuhkan akan dapat membantu belajar sebagai lebih efektif.
Sumber: Disarikan dari aneka macam sumber!!
Komputer dan perangkat multimedia lain sebagai bentuk konkrit menurut ICT, cepat atau lambat pasti menjadi barang kebutuhan sehari-hari, termasuk pada pembelajaran menjadi upaya mempertinggi kualitas pendidikan. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan membawa kita pada situasi belajar dimana "learning with effort" (belajar menggunakan ditentukan/terpaksa) akan bisa digantikan menggunakan "learning with fun" (belajar dengan menyenangkan). Apabila situasi tersebut tidak terjadi, maka multimedia sekurang-kurangnya dibutuhkan akan dapat membantu belajar sebagai lebih efektif.
Sumber: Disarikan dari aneka macam sumber!!
0 Response to "PENGERTIAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.