-->

PENGERTIAN UMUM DAN CARA MUDAH MELAKUKAN SAMADHIMEDITASI

cara-meditation-meditas-samadhi-zona bucin.jpg

Zona bucin---Kita sering mendengar kata meditasi, apakah itu meditasi? Apakah sama menggunakan Samadhi serta bagaimana melakukannya? Itulah yang acapkali sebagai pertanyaan poly orang. Meditasi secara umum bisa diartikan menjadi suatu daya pemusatan bathin ke arah percaya dalam Tuhan buat tujuan kesempurnaan hidup manusia baik rokhaniah maupun jasmaniah.

Menurut pengertiannya pada (//id.wikipedia.org/). Meditasi, terkadang diklaim jua semadhi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran menurut seluruh hal yg menarik, membebani, juga mencemaskan dalam hayati kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi merupakan kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik pada pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi merupakan aktivitas mental terstruktur, dilakukan selama jangka ketika tertentu, buat menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut buat menyikapi, memilih tindakan atau penyelesaian masalah eksklusif, hayati, dan perilaku.

Dengan kata lain, meditasi melepaskan kita menurut penderitaan pemikiran baik serta buruk yg sangat subjektif yang secara proporsional berafiliasi langsung menggunakan kelekatan kita terhadap pikiran serta penilaian eksklusif.kita mulai paham bahwa hidup adalah serangkaian pemikiran, penilaian, dan pelepasan subjektif yg tiada habisnya yg secara intuitif mulai kita lepaskan.[3] Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, ternyata manusia tidak mangkat , nir pula pingsan, serta tetap sadar.

Guru terbaik buat meditasi adalah pengalaman.tidak terdapat pengajar, seminar, atau buku-kitab meditasi yg dapat mengajarkan secara niscaya bagaimana seharusnya kita melakukan hayati bermeditasi.

Setiap orang bisa secara bebas menaruh nilai-nilai tersendiri tentang arti meditasi bagi kehidupannya. Oleh lantaran hanya menggunakan mempraktikkan semadi pada hayati, orang sanggup mencicipi manfaat suatu perjalanan semadi. Ada poly arti mengenai semadi, pada antaranya merupakan:
  • Jalan buat masuk pada pencerahan jiwa.
  • Jalan buat introspeksi diri.
  • Jalan buat berkomunikasi dengan oleh pencipta.
  • Jalan buat mengubah hidup.
  • Jalan buat meraih kenyamanan batin.


Berbagai cara dan metode meditasi dikembangkan manusia pada aneka macam bangsa semenjak ribuan tahun yg kemudian, sebagian akbar semata-mata buat mencari "penjelasan bathin" serta ketentraman jiwa.

Meditasi yang pada bahasa Sansekerta dikenal dengan kata Samadhi yang kemudian sang bangsa kita disebut "semadi". Hampir mirip dengan pengertian ini di kalangan Jawa dahulu kala (sebeum masuknya kepercayaan Islam sekitar abad ke-15) sudah getol menjalankan "tapa brata", sebagian menggunakan cara ekstrim yaitu meninggalkan kehidupan duniawi dengan mengucilkan diri pada loka sunyi (pada gua, zenit gunung). Di kalangan kejawen hingga sekarang "laris tapa brata" masih kuat berakar sebagai ilmu yang dikagumi, walaupun hanya buat difahami serta bukan dipraktekkan.

Meditasi atau Samadhi yg tekenal pada dunia merupakan cara yg berasal dari India berdasarkan kalangan ajarang Buddhis, yang lalu juga dikebangkan sang kalangan Theosofi di aneka macam negara. Praktinya sih dianggap menggunakan Yoga yang dilakukan menggunakan teknik dan cara-cara tertentu - Baca pula Yoga di sini!! 

Menurut mereka, meditasi adalah suatu cara buat mengembangkan bathin menuju tingkat kesempurnaan yg selanjutnya menjadi dasar berdasarkan kebijaksanaan. Latihan meditasi menggunakan memusatkan fikiran dalam pernafasan pada sebut Anapanasati, Dengan metoda ini fikiran tetap terjaga menggunakan baik serta senantiasa terkontrol, dengan demikian menjadikan jasmani serta rokhani selalu jenih dan segar. Juga daya fikir bertambah kuat dan tajam, membawa dalam kecerdasan otak.

Melalui latihn secara kontinyu, akan berakibat pula kenyamanan dan ketentraman jiwa, kedamian hati. Fikiran menjadi manunggal, yg berarti fikiran akan selalu manunggal menggunakan nafas.

Dalam latihan meditasi lanjutannya adalah pengendalian fikiran serta pengamatan segenap anggota tubuh (detak jantung, urat nadi, panca indera dan lain-lain)

Dengan pengamatan secara sadar dalam meditasi tadi akan menambah kesadarannya bahwa tubuh jasamani itu hanya terdiri dari gugusan unsur-unsur air, barah, angin dan tanah. 

Manusia beranggapan bahwa tubuh adalah "milik langsung". Akan namun sesungguhnya tubuh jasmani hanyalah merupakan adonan empat unsur, jadi bukan milik eksklusif yg kekal. Karena pada saatnya usia rapuh jasmani itu nir akan berfungsi lagi (meninggal).

Bilamana fikiran sudah menyadari akan fenomena itu, maka anggapan bahwa "aku gagah", "saya budiman"' "aku miskin" dan sebagainya akan terhapus. Dirinya akan terbebas dari oleh Aku, dan oleh aku yang tadinya inheren pada sifat duniawi sekarang sudah meningkat sebagai suatu pribadi yg percaya pada Yang Maha Kuasa.

Dengan cara demikian insan akan terbebas dari penderitaan, nir lekat pada duniawi, tidak ada bedanya baginya kaya atau miskin. Keberadaannya di global dianggapnya hanya sebagai "kewajiban" kodrat Ilahiah yang harus dilaluinya ad interim saat. Selanjutnya akan timbullah jalan menuju "surga ", keadaan yang bebas berdasarkan penderitaan dak kelekatan duniawi.

Fikiran rendah yang memikirkan duniawi akan berhenti, walaupun masih menjalankan kewajiban hidup (bekerja, berumah-tangga dan sebagainya). Keserakahan, nafsu amarah serta kebodohan akan lenyap, yg akhirnya hanya terdapat satu bentuk fikiran saja, yaitu fikiran kudus. Inilah yang dinamakan dengan "Melaksanakan Meditasi".

Berikut merupakan beberapa tips sederhana serta mudah tentang bagaimana cara buat memulai meditasi. Kegiatan meditasi ini diharapkan bisa menaruh manfaat bagi pengembangan diri, baik secara fisik juga fisikis

1. Sikap

Apakah anda duduk pada kursi atau bersila di lantai, pastikan bahwa tulang belakang dan kepala anda dalam posisi tegak. Apabila anda membungkuk, pikiran anda akan melayang. Pikiran dan tubuh saling terkait. Apabila tubuh anda seimbang, pikiran anda jua akan seimbang. Untuk semakin menguatkan, bayangkan bahwa kepala anda menyentuh langit.

2. Mata

Coba dan jaga mata anda tetap terbuka. Membuka mata memungkinkan anda buat menjadi lebih hadir. Turunkan mata dan biarkan pandangan anda sebagai lembut. Jika anda menutup mata, anda akan lebih mungkin buat menjauh berdasarkan pikiran. Namun, krusial buat melakukan apa yg nyaman bagi anda. Beberapa orang merasakan dengan menutup mata akan jauh lebih efektif pada meditasi. Ada baiknya buat bereksperimen serta melihat apa yang terasa paling baik buat anda.

3. Fokus

Dalam pencerahan biasa, kita hampir nir pernah merasakan kehadiran. Misalnya, kadang-kadang kita mengendarai mobil secara autopilot waktu sedang sibuk dengan pikiran kita. Tiba-datang kita sudah datang pada tempat tujuan dan nir ingat apa-apa tentang mengemudi!

Jadi, meditasi merupakan cara yg indah buat membangun hidup kita. Jika tidak, kita akan kehilangan sebagian dari pengalaman meditasi karena kita sedang berada di loka lain dalam pikiran kita! Mari kita lihat apa yang kita fokuskan. Dalam kehidupan biasa, kita cenderung buat menyamakan penekanan dengan konsentrasi. Itu misalnya sinar cahaya yang terkonsentrasi. Namun pada meditasi, pikiran semacam itu justru nir membantu. Itu terlalu tajam serta cenderung menciptakan kita cepat terganggu. Untuk penekanan pada meditasi berarti memperhatikan dengan lembut buat apa pun yang anda tempatkan pada pusat pencerahan. Disarankan untuk memakai napas sebagai fokus. Ini seperti sebuah pintu yg menghubungkan alam ‘dalam’ serta ‘luar’. Pengajar Zen Toni Packer menyampaikan:

“Perhatian tiba entah dari mana. Ia tidak mempunyai penyebab. Ia nir milik siapa pun.”

3. Nafas

Memperhatikan nafas merupakan cara yg baik buat menjangkarkan diri anda pada waktu ini.

Perhatikan nafas anda saat mengalir masuk dan keluar. Tidak perlu buat mengatur nafas – hanya membiarkannya secara alami.

4. Menghitung Nafas Anda

Jika anda mengalami kesulitan melakukannya, anda dapat mencoba menghitung nafas – yang merupakan latihan meditasi kuno. Pada hembusan nafas anda, pada dalam hati menghitung “satu”, kemudian “2”, hingga “empat”. Kemudian kembali ke “satu”. Setiap kali anda melihat pikiran anda telah menyimpang jauh atau anda menemukan diri anda telah menghitung sampai “tigapuluh tiga” misalkan, segera balik ke “satu”. Dengan cara ini, “satu” misalnya pulang ke rumah pada saat sekarang. Ada baiknya untuk pulang tanpa melirik ke belakang.

5. Pikiran

Ketika anda terganggu oleh pikiran, secara perlahan biarkan mereka pergi dengan cara balik penekanan dalam nafas anda. Jangan mencoba menghentikan pikiran, ini hanya akan membuat anda merasa gelisah. Bayangkan bahwa mereka merupakan tamu tak diundang pada depan pintu anda: mengakui kehadiran mereka serta menggunakan sopan meminta mereka buat pergi meninggalkan. Kemudian berikan perhatian lembut pada nafas anda.

6. Emosi

Sulit buat menuntaskan meditasi apabila anda sedang berjuang menggunakan emosi yg kuat. Hal ini karena beberapa emosi cenderung buat berkembang biak dan menjalar dalam pikiran. Terutama rasa marah, membuat malu serta takut yang akan menciptakan cerita berulang-ulang pada pikiran. Emosi-emosi tadi menciptakan kita terus melihat insiden-insiden di masa kemudian serta takut melihat masa depan menggunakan perandaian yang dimulai dengan, “Bagaimana jika …”

Cara buat mengatasi emosi yang bertenaga dalam meditasi merupakan menggunakan penekanan dalam perasaan tubuh yang menyertai emosi. Sebagai contoh, ini mampu berupa ikatan yang kuat menurut ketakutan pada sekitar dada atau bergolak panas kemarahan di dalam perut. Lepaskan pengalaman-pengalaman tadi serta kembali penekanan pada tubuh anda. Dengan cara ini anda menghormati emosi anda, tetapi nir menjadi terjerat dalam pengalaman tersebut.

7. Keheningan

Hening merupakan penyembuhan. Ada poly ‘meditasi musik’ di kurang lebih, tapi nir ada yg mengalahkan keheningan. Musik atau bunyi dalam rekaman hanya bisikan-bisikan dalam pikiran anda. Ketika kita duduk membisu, kita benar-benar menerima pengalaman apa yg sedang ada di pikiran kita. Ada kemantapan serta kenyamanan yang dari menurut duduk pada keheningan.

8. Lama Meditasi

Mulailah menggunakan 10 mnt serta hanya duduk lebih lama bila anda merasa bahwa itu terlalu pendek. Jangan memaksakan diri buat bermeditasi lebih usang apabila anda tidak siap buat melakukan itu. Pada waktunya, anda mungkin ingin memperpanjang meditasi anda hingga 25 mnt. Yang terpenting adalah lamanya tersebut memungkinkan anda buat menyelesaikan pikiran anda tanpa mengakibatkan terlalu poly tekanan dalam tubuh anda, dan hindari setiap ‘keharusan’. Beberapa orang menikmati duduk selama satu jam dalam suatu saat, sementara yg lain menemukan bahwa mereka tidak sanggup duduk lebih lama berdasarkan 10 mnt. Lakukan apa yang terasa tepat buat anda!

9. Tempat

Sangat baik bila anda membuat tempat spesifik buat duduk. Anda bahkan bisa membuat sebuah kuil atau sebuah altar yang mampu anda hadapi saat anda duduk dalam meditasi. Anda mungkin ingin menempatkan lilin pada altar serta benda-benda yg mempunyai arti bagi anda. Akan terasa indah apabila anda menemukan objek buat altar anda ketika anda bermeditasi. Mungkin anda menemukan batu-batu, atau kerang, atau bunga yang ‘berbicara’ pada anda.

10. Kenikmatan

Yang tidak kalah penting berdasarkan semua adalah menikmati meditasi. Anda mungkin ingin mencoba duduk dengan sedikit senyum. Jadilah baik kepada diri sendiri. Mulailah duduk bermeditasi sementara waktu setiap hari. Ini membantu buat membangun norma anda sehari-hari.

Demikian tentang pengertian generik serta cara gampang melakukan meditasi-atau-samadhi, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: Dirangkum dari banyak sekali sumber :
Source:
- //id.wikipedia.org/wiki/Meditasi
- //studybuddhism.com/id/kepercayaan -buddha-sehari-hari/apa-itu/apa-itu-meditas
- //www.davidpurba.com/pengertian-meditasi-makna-meditasi-tujuan-meditasi
- //www.akuinginsukses.com/bagaimana-melakukan-meditasi-10-tips-penting/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGERTIAN UMUM DAN CARA MUDAH MELAKUKAN SAMADHIMEDITASI"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel