-->

RINGKASAN PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA


bendera-Indonesia%2Bsoekarno.jpg
Warga belajar--Zona bucin, berikut adalah kita akan tahu apa yg dimaksut dengan bangsa dan Negara itu.dalam pembelajaran materi PPKn serta Sosiologi akan kita temukan pembahasan mengenai  Bangsa serta Negara ini. Berikut ini ringkasan menurut pengertian Bangsa serta Negara Tersebut yang wajib kita pahami;
Bangsamenurut hukumadalah warga atau orang-orang yang berada di pada suatu rakyat aturan yangterorganisasi. Bangsa adalah sekelompok komunitas insan yg mendiami suatuwilayah tertentu, dimana mereka memiliki latar belakang sejarah yg sama,serta bertekad membangun masa depan beserta atau tujuan beserta.
ErnestRenan mengatakanbangsa merupakan ‘le desir d’etre ensemble’ atau kehendak akan manunggal. Jadi, bangsaadalah suatu kelompok insan yang mau bersatu atau merasa dirinya manunggal.
OttoBauer dalambukunya yg berjudul ‘DieNationalitatenfrege’ mengungkapkan bangsa adalah “Eine nation is eute aus schiksalsgemeinshaft erwachsenecharaktergemeinchaft’ atau suatu persatuan perangai yang timbul karenapersatuan nasib.
 Istilah Negara dari dari bahasa Sansekerta, nagari atau nagara yangberarti kota. Istilah Negara diterjemahkan berdasarkan istilah de staat (Belanda), I’etat(Prancis). Kata state diambil berdasarkan bahasa Italia, yaitu stato, yg digunakanpertama kali oleh Niccolo Macchiavelli pada abad 15. 

Berikut ini beberapa pengertian Negara berdasarkan para pakar menjadi berikut :

1.roger H. Soltau
Negara merupakan agen atau kewenangan yang mengatur atau mengendalikan dilema-persoalan beserta atas nama masyarakat
2.miriam Budiardjo
Negara adalah suatu wilayah yg rakyatnya diperintah sang sejumlah pejabat serta yang berhasil menuntut dari warganya ketaatan ada peraturan perundang-undangan melalui penguasaan (control) monopolistis dari kekuasaan yang sah.
3.djokosoetono
Negara merupakan suatu organisasi insan atau gugusan manusia-insan yg berada pada bawah suatu pemerintah yang sama
4.G. Pringgodigdo
Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yg harus memenuhi persayaratan unsure-unsur eksklusif, yaitu harus ada pemerintah yang berdaulat, daerah eksklusif serta rakyat yg hayati dengan teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

Demikian semoga warga belajar sekalian dapat tahu serta mengerti mengenai pengertian Bangsa serta Negara ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RINGKASAN PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel