-->

SEJARAH SINGKAT ILMU BIOGEOGRAFI DALAM BIOLOGI

Zona bucin----Para murid dan Warga belajar sekalian, pembahasan kali ini mengenai kelanjutan berdasarkan pembahasan kita pada postingan terdahulu mengenal pengertian serta apa itu Biogeografi?, kali ini yg kita ulas merupakan mengenai sejarah dan awal pertamakalinya dikemukakannya mengenai biogeografi tersebut, sebagai berikut :

Biogeografi sudah dikenal pada Awal abad 19 (1800-an)

Alexander Von Humbolt yaitu menyelidiki bagaimana peranan iklim pada sebaran vegetasi, sehingga beliau mengganggap iklim menjadi peran utama dalam sebaran vegetasi.

Adolphe Brungniart. Ia dikenal sebagai Bapak Paleobotany, Adolphe mengganggap iklim menjadi pertimbangan , beliau menginterpretasi fosil.

Justus Liebieg, ia merupakan ekolog yg terkenal menggunakan Hukum Minimum Liebieg.

Sejarah-Biogeografi-Zona bucin.jpg
Sumber Gambar: prezi.com 
Alfred Russel Wallace artinya Orang yg pertama kali mengemukakan bahwa adanya interaksi antara makhluk hayati dengan wilayah atau daerah tertentu pada permukaan bumi . Pada tahun 1800-an Alfred Russel Wallace menerbitkan buku yang menyampaikan tentang adanya pola penyebaran makhluk hidup pada bumi.

Alfred Russel Wallace membagi membagi bumi menjadi 6 daerah biogeografi karena dalam masing-masing wilayah memiliki flora dan juga fauna yg khas dan unik. Setiap daerah geografis itu tersebut memiliki rintangan berupa syarat alam yg tidak selaras sebagai hasil menurut penyatuan ataupun pemisahan benua dalam masa silam. Akibat berdasarkan adanya rintangan tersebut, makhluk hayati terhalang akan serta jua tidak dapat melakukan penyebaran ke daerah di seberangnya.

Alfred Russel Wallace sejak tahun 1858 sudah menyadari bahwa perubahan-perubahan geologi yg terjadi di wilayah Indonesia dalam bagian tengah ini serta jua implikasinya kepada penyebaran hewan.

Alfred Russel Wallace , Ilmu Biogeografi lahir pada Indonesia, Pada ketika waktu beliau menulis sebaris kalimat padaHenry Bates, “I believe the western part to be a separaed portion of continental Asia, the eastern the fragmentay prolongation of a former Pacific continent.” (Alfred Russel Wallace, 1858).

Tahun 1910, 3 tahun sebelum Wallace meninggal, didalam bukunya “The World of Life” (Chapman and Hall, London), Alfred Russel Wallace menggeser garisnya dalam  sektor Sulawesi yg lebih ke timur lagi karena pada Sulawesi Barat masih masih ada relatif secara umum dikuasai ditemukan hewan-hewan Asia.

Dari penelitian-penelitian yg selanjutnya yang dilakukan oleh ahli-ahli hewan serta pula tumbuhan ditemukan bahwa Garis Wallace ini tidak pernah tegas, Namun dapat bergeser-geser ke timur maupubn barat di Sulawesi;

namun yg jelas meyakinkan bahwa Sulawesi ialah daerah rendezvous sekaligus perbatasan dalam zone-zone biogeografi.

Demikian tentang sejarah singkat mengenai sejarah Biogeografi, semoga berguna. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel