-->

SILABUS KURIKULUM K13 PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A B DAN C

Zona bucin---Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan serta Kesetaraan dalam tahun2019 beserta menggunakan Pusat Kurikulum serta Perbukuan Kemendikbud telah merumuskan contoh silabus yang bisa dipakai dalam penyelenggaraan pembelajaran Pendidikan kesetaraan baik untuk Kejar Paket A Setara SD, Kejar Paket B Setara SMP, maupun Kejar Paket C setara SMA di lembaga-lembaga dan satuan Pendidikan Pendidikan Nonformal SPNF yang menyelenggarakannya.

Model silabus yang dikembangkan Kemendikbud ini dibutuhkan bisa menjadi acuan, pedoman, ilham, referensi atau diadaptasi, diadopsi dan digunakan pendidik/tutor, satuan pendidikan atau gerombolan satuan pendidikan Nonformal pada menyusun silabus pembelajaran serta RPP yg lebih tepat, kreatif, efektif, efisien, inovatif dan sesuai dengan kebutuhan, kapasitas serta ciri siswa serta satuan pendidikan.

Kurikulum Kesetaraan, Pembelajaran Kesetaraan, Paket ABC, perangkat Pembelajaran Kesetaraan


Silabus merupakan garis-garis besar kegiatan pembelajaran menurut mata pelajaran/tema tertentu buat mencapai kompetensi pada kurikulum melalui materi pembelajaran dan dilengkapi dengan indikator pencapaian kompetensi buat memandu penilaiannya. Pengembangan silabus diubahsuaikan dengan kebutuhan, syarat, kapasitas dan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan dan budaya masyarakat, sehingga silabus antar satuan pendidikan mampu tidak sinkron.

Silabus dipakai sebagai acuan buat menyusun rencana aplikasi pembelajaran (RPP) yang berisi rincian materi pembelajaran, langkah aktivitas pembelajaran serta proses penilaian pembelajaran buat mencapai seperangkat kompetensi dasar serta/atau indikator pencapaian kompetensi melalui tema/subtema tertentu yg kontekstual, dengan menggunakan materi ajar, modul, wahana, media serta alat pembelajaran, serta sumber belajar lainnya. RPP disusun oleh pendidik/tutor buat satu rendezvous atau lebih sinkron dengan dinamika dan kebutuhan, kondisi, kapasitas dan karakteristik siswa. Langkah pengembangan silabus minimal adalah menjadi berikut.

    Mengkaji serta menentukan kompetensi dasar (KD), yaitu mengurutkan pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau taraf kesulitan materi. Pada mata pelajaran PPKn, mengurutkan pasangan KD sikap spiritual, KD sikap sosial, KD pengetahuan serta KD keterampilan menurut hierarki konsep disiplin ilmu serta/atau tingkat kesulitan materi. Urutan pasangan KD nir harus selalu sesuai menggunakan urutan dalam kurikulum.

    Menentukan materi pembelajaran yang memuat konsep, fakta, prinsip atau mekanisme yg bersifat umum dan lengkap sinkron dengan keluasan serta kedalaman KD. Materi wajib aktual, kontekstual, serta faktual, modern serta relevan menggunakan kebutuhan peserta didik serta tuntutan lingkungan;

    Merumuskan indikator pencapaian kompetensi yang merupakan karakteris􀆟 k, ciri, tanda atau ukuran keberhasilan peserta didik pada menguasai suatu kompetensi yg digunakan menjadi acuan evaluasi kompetensi. Strategi dalam merumuskan indikator adalah SMART, yaitu simple (sederhana), measurable (bisa diukur atau diamati pencapaiannya), atributable dan reliable (merupakan rumusan utama/kunci/pokok yg dapat dipastikan bahwa kompetensi tercapai melalui rumusan indikatornya serta handal), dan timely (bisa dilakukan proses penilaian dengan ketika relatif serta efektf). 

Kriteria perumusan indikator:
  • Satu KD minimal dirumuskan dua indikator karena indikator adalah rincian dari KD. Jumlah serta variasi rumusan indikator diadaptasi menggunakan karakteristik, kedalaman, dan keluasan KD, serta disesuaikan menggunakan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan.
  • Kata kerja yang digunakan pada indikator nir lebih tinggi berdasarkan istilah kerja pada KD. Misalkan, KD “mendeskripsikan ….”, maka tidak disarankan merumuskan istilah kerja indikator “menganalisis perbedaan ….”
  • Perumusan indikator bersifat kontekstual disesuaikan dengan karakteristik kompetensi serta ketersediaan sarana, media, indera pembelajaran, serta asal belajar lainnya dan diubahsuaikan menggunakan syarat dan kapasitas peserta didik, lingkungan belajar dan satuan pendidikan.
  • Rumusan indikator tidak sama dengan tujuan pembelajaran yg lebih menekankan pada citra proses dan output belajar yang diharapkan dilaksanakan selama proses belajar sinkron KD.
  • Mengembangkan kegiatan pembelajaran buat mencapai seperangkat kompetensi dari materi pembelajaran serta indikator pencapaian kompetensi buat memandu penilaiannya. Pengembangan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan, syarat, kapasitas dan ciri siswa, satuan pendidikan serta budaya rakyat. Dalam membuatkan kegiatan pembelajaran perlu diperhatikan: 
  • melakukan analisis konteks terhadap kegiatan pembelajaran yg mungkin dilaksanakan sinkron menggunakan ciri KD dan kapasitas satuan pendidikan (ketersediaan sarana, sumber belajar, pendidik, serta sebagainya);
  • merumuskan kegiatan pemebelajaran secara garis akbar yang runtut, bervariasi, interaktif, serta komprehensif sesuai ciri siswa;
  • rancangan aktivitas pembelajaran memperhatikan karakteritik pendidikan kesetaraan yg pelaksanaannya bersifat tatap muka, tutorial, serta belajar mandiri;
  • perlu dipastikan aktivitas pembelajaran yang dibuat sebagai sarana buat mencapai KD secara optimal.

Silabus dapat diperkaya atau dilengkapi dengan asumsi alokasi waktu untuk menuntaskan pencapaian kompetensi, garis besar evaluasi yang memberikan petunjuk tentang bentuk, jenis instrumen evaluasi serta rumusan tugas yg perlu dikembangkan, dan sumber belajar yang mencakup alat, media, materi ajar (kitab , modul), wahana pembelajaran, asal belajar alam dan sosial, serta lainnya yg diadaptasi dengan karakteristik kompetensi, indikator dan kapasitas peserta didik.

Dengan demikian, pembelajaran matematika menjadi gampang diajarkan/dikelola oleh pendidik (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna buat dipelajari (worth to learn) menjadi bekal buat kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa. (Sumber Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Paket C).


Download serta unduh silabus K13 Kesetaraan Paket A Setara SD, Paket B Setara SMP, Paket C setara SMA pada bawah ini :

Download%2Blink.jpg







Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel