CARA IDENTIFIKASI KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN NON FORMAL PNF
Proses identifikasi kelompok belajar adalah proses inovasi gerombolan sasaran yang akan dijadikan menjadi mittra kerja FPBI dalam melaksanakan kegiatan bisnis yang telah ditetapkan, melalui kegiatan yg sudah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan ini meliputi bagian-bagian seperti di bawah ini :
A. Tujuan
Kegiatan identifikasi kelompok belajar ini, bertujuan buat mencari calon mitra kerja FPBI dalam melaksanakan usahanya, agar bisa memenuhi kebutuhan berdasarkan aspek-aspek yg dibutuhkan sang FPBI, Supaya aplikasi usaha dapat terlaksana menggunakan baik sesuai dengan tujuan.
B. Instrumen
Instrumen yg bisa dipergunakan pada aktivitas identifikasi kelompok belajar merupakan, sebagai berikut:
No. | Indikator | Kondisi | Ket | |
Baik | Tidak baik | |||
1. | Warga Belajar | |||
2. | Panti Belajar | |||
3. | Sarana Prasarana | |||
4. | Tenaga Pendidik | |||
5. | Pengelola | |||
6. | Dana | |||
7. | Hasil Belajar | |||
8. | Proses Belajar | |||
9. | Ragi belajar | |||
10. | Evaluasi |
- Nama Kelompok Belajar
- Jenis Usaha
- Berdiri
- Jumalh masyarakat belajar
- Alamat
2. Istrumen yang mampu digunakan buat menggali potensi yg dimiliki kelompok belajar sebagai berikut :
C. Proses
- Mendatangi grup yg memiliki aspek yang diharapkan oleh FPBI dan mengidentifikasi aspek yang terdapat dalam kelompok belajar, sebagai bahan buat memilih kelompok belajar yg akan sebagai mitra bisnis.
- Menyebarkan keterangan melalui risalah yang berisi tentang FPBI yang sedang membutuhkan kelompok belajar buat dijadikan mitra bisnis.
- Mendatangi SKB/BPKB buat meminta keterangan berkenaan dengna gerombolan belajar yang memiliki aspek yang dibutuhkan oleh FPBI buat melaksanakan usaha.
- Melaksanakan konfirmasi dengang TLD maupun penilik, tentang eksistensi gerombolan belajar yg sesuai menggunakan kebutuhan buat melaksanakan bisnis.
- Mendapatkan data mengenai grup belajar yang mampu dijadikan kawan kerja oleh FPBI, bersama aspek-aspek yang dipunyai sang grup belajar masing-masing dibandingkan menggunakan kriteria yang diperlukan oleh FPBI sendiri. Setelah proses perbandingan ditempuh, maka tentukanlah kelompok belajar yang akan menjadi kawan kerja pada melaksanakan bisnis.
D. Hasil menurut tahapan kegiatan identifikasi gerombolan belajar, adalah terdapatanya data-data kelompok belajar yang sanggup dijadikan mitra kerja, sebagai bahan buat menentukan dan memilih grup belajar mana yg akan dipengaruhi sebagai kawan kerja.
adapun data-data tersebut akan memuat tentang :
- Daftar nama-nama grup belaja yg mempunyai aspek yg diperlukan sang FPBI buat melaksanakan usaha.
- Daftar alamat mitra kerja
- Daftar aspek-aspek (komponen-komponen) yang dimiliki oleh kelompok belajar, yang akan sebagai mitra kerja FPBI dalam melaksanakan suatu aktivitas usaha.
Sumber : Dirangkum berdasarkan kitab Model Pemberdayaan Forum Pamong Belajar Indonesia (FPBI) tahun 2009.
0 Response to "CARA IDENTIFIKASI KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN NON FORMAL PNF"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.