CARA MENGAJARKAN PUISI UNTUK SISWA SMP
Mengajarkan puisi buat anak sekolah tingkat SLTP atau SMP tentu tidak selaras menggunakan anak sekolah taraf Sekolah Menengah Atas atau mahasiswa, hal ini terjadi karena adanya disparitas kemampuan dan kematangan berfikir berdasarkan siswa tadi. Anak SMP Perlu bimbingan denga pendalamam yg lebih intens baik secara intrinsik maupun secara ekstrinsik dari puisi tersebut. Berikut beberapa cara dan metode pada mengajarkan puisi buat anak SLTP atau Sekolah Menengah pertama ini yaitu:
Rahmato (1988 : 9-10), mengemukakan bahwa cara penyajian puisi yg baik dan sempurna buat siswa SLTP adalah :
a.membaca pada hati
b.membaca Nyaring
Baca Juga
- MAKALAH SASTRA SUNGAI TIBER JANTUNG KOTA ABADI OLEH CHANTAL TROPEA Universitas Naples LOrientale Terjemahan Bahasa Indonesianya
- MAKALAH SASTRA TIBER JANTUNG KOTA ABADI OLEH CHANTAL TROPEA University of Naples LOrientale
- MAKALAH SASTRA SUNGAI DALAM PUISI VIETNAM OLEH NGUYEN PHAN QUE MAI VIETNAM DENGAN TERJEMAHAN INDONESIA
Berikut ini beberapa teknik membaca nyaring :
1.pembaca tunggal secara bergiliran.
2.pembacaan menggunakan dramatis (dipilih puisi yang mengandung unsur dramatik).
3.pembacaan menggunakan musik (musik sebagai pengiring).
c.melibatkan Emosi.
Gani (1988 : 165), mengemukakan beberapa konsep pedagogi puisi, mencakup :
- Guru seyogyanya hanya mengajarkan puisi yg sahih-sahih dihayati
- Guru hendaknya mengutamakan unsur pengalaman dalam proses belajar mengajarnya, seringkali terjadi bahwa pedagogi puisi cenderung mengungkapkan sejarah, teori, dan kritik puisi sebagai akibatnya sentuhan pengalaman sastra terabaikan.
- Guru hendaknya menghindarkan diri berdasarkan cara hadiah penerangan yg berlebih-lebihan mengenai puisi. Semakin poly pengajar menyebutkan, semakin sedikit kemungkinan pemerolehan yg dicapai siswa. Sebab itu siswa wajib dirangsang buat mengembangkan serta menyatakan pendapatnya sendiri mengenai kemungkinan yg tekandung di dalam puisi yg dipelajarinya.
- Suatu unit puisi hendaknya jangan sampai menghilangkan prinsip pedagogi terpadu. Selama proses belajar berlangsung, guru selalu menjaga agar disamping pemerolehan belajar yang instruksional, juga tercapai output belajar yang bersifat pendamping.
- Siswa hendaknya diberi kesempatan buat menentukan sendiri puisi yg hendak dibaca, dipelajari, serta didiskusikannya. Proses menentukan sendiri puisi pendamping ini memberikan dorongan dalam anak didik agar membaca lebih banyak lagi puisi-puisi yang pantas dibacanya.
- Siswa ditugaskan membaca serta menyelidiki puisi, sewaktu-waktu hendaknya diminta menyatakan pendapatnya dengan bahasa yg puitis, tetapi guru hendaknya membiasakan siswa melakukan hal itu menggunakan sadar. Sebab itu tugas tadi wajib eksplisit dan diamati secara spesifik.
- Siswa hendaknya ditolong buat membicarakan bahwa puisi itu buat segala hal. Siswa hendaknya mengenal dengan baik bahwa subyek puisi bisa datang berdasarkan mana-mana, berdasarkan segala sisi kehidupan yang latif dan yg suram. Pendeknya subyek puisi dapat digali menurut segala sektor kehidupan yg kita lihat dan ketahui setiap hari.
Sumber/referensi:
Gani, Rizanur. 1980. PengajaranApresiasi Puisi. Pusat Pembinaan serta Pengembangan Bahasa. Jakarta.
Rahmanto, B. 1988. MetodePengajaran Puisi. Kanisius. Yogyakarta.
0 Response to "CARA MENGAJARKAN PUISI UNTUK SISWA SMP"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.