-->

GAYA GRAVITASI DAN GRAVITASI BUMI

Planet-planet+mengitari+matahari.jpg
Pengertian Gaya Gravitasi
Gaya gavitasi bumi adalah gaya tarik bumi terhadap benda-benda yg berada di atasnya. Ada beberapa teori gravitasi yg masih dalam penelitian. Ada jua teori yang mengungkapkan bahwa ini terjadi karena adanya partikel "gravitron" di dalam setiap atom. Atau terdapat teori yg berkata lantaran massa bumi sangat akbar berbanding benda-benda yg berada di atasnya sebagai akibatnya akan menyebabkan gaya tarik. Saya jua belum mampu tahu latar belakang gaya gravitasi itu terjadi secara ilmiah. Selain bumi, antar planet juga terjadi tarik menarik. Matahari jua mempunyai gaya gravitasi yg mengakibatkan planet-planet mengitarinya secara terus menerus.
Penemu Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi ditemukan sang Isaac Newton seeorang yg diklaim menjadi "Bapak ekamatra". Isaac Newton merupakan ahli fisika, matematika, kimia, astronomi dan filsafat. Bisa anda bayangkan betapa telah pintarnya otak orang zaman dulu yg sanggup menguasai beberapa ilmu kelas berat secara sekaligus. Alkisah pungkasnya Isaac Newton menyadari adanya gaya gravisati lantaran butir apel yang jatuh tentang kepalanya. Tapi saya juga tidak memastikan validitas informasi ini. Sambil belajar duduk dibawah pohon apel tersebut, Isaac Newton mengamati serta terpikir pada benaknya bahwa adanya suatu kekuatan yang menciptakan apel itu terjatuh.
Contoh Gaya Gravitasi
Buah-buahan yg jatuh dari pohonnya merupakan merupakan contoh gaya gravitasi. Semua benda yang ada pada bumi ini akan jatuh ke tanah bila nir ada yg menyangganya pada suatu ketinggian. Yang pasti Tuhan merancang gaya gravitasi ini menggunakan fungsi yg sangat krusial bagi kehidupan semua mahluk bumi. Coba anda bayangkan bila bumi tempat kita berpijak ini nir terdapat gaya gravitasi, betapa susahnya semua benda tidak bisa disusun karena bertebaran, dan banyak lagi masalah lain yg akan muncul bila tidak terdapat gaya gravitasi bumi. Contoh lain gravitasi bumi adalah gaya tarik bumi terhadap bulan menjadi satelit.

Sumber referensi : Wikipedia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "GAYA GRAVITASI DAN GRAVITASI BUMI"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel