-->

MENGENAL SYS DIA DAN PULSE DALAM ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH

Zona bucin---Pertanyaan yg seringkali kita ajukan ketika kita memeriksakan tekanan darah kita adalah Berapa Sys Dia serta Pulse Normal?

Jika Anda memakai Sphygmomanometer atau Tensi-Tensimeter-Alat-Ukur-Tekanan-Darah khususnya tensi digital, maka ada tiga parameter yang umumnya tertera dalam layar, yaitu Sys, Dia, serta Pulse.

Sphygmomanometer-Tensi-Tensimeter-Alat_Ukur_Tekanan_Darah.jpg

Pertanyaan selanjutnya Apa maksud dari ketiga parameter tersebut?

Ketiga parameter,  baik Sys, Dia, atau Pulse mempunyai pengertian tersendiri sebagaj berikut ;

1. Sys

Sys merupakan singkatan menurut Systole (dibaca sistol). Ejaan Indonesianya merupakan Sistole. Parameter ini menerangkan tekanan darah ketika jantung berdetak atau waktu jantung memompa darah ke semua tubuh. Pada fase ini, tekanan darah mencapai puncaknya.



2. Dia

Dia adalah singkatan menurut Diastole (dibaca diastol). Parameter ini memperlihatkan tekanan darah saat jantung istirahat di antara 2 denyutan. Tekanan darah pada diastole memberitahuakn angka yang lebih rendah daripada systole. Pada fase diastole, jantung mulai terisi darah dan ketika penuh akan memompa isinya keluar.

Systole serta Diastole terjadi bergantian, terus menerus sepanjang insan masih hayati.

Perlu diketahui bahwa jantung terdiri berdasarkan serabut otot, seperti halnya otot lengan. Oleh karenanya, dalam penderita waktu tekanan systole sangat tinggi dan terjadi terus menerus contohnya pada penyakit tekanan darah tinggi, maka otot jantung akan membesar. Dokter umumnya mengatakan bahwa jantung bengkak.


3. Pulse

Pulse diartikan sebagai jumlah denyutan jantung atau berapa kali jantung berdetak selama satu menit.

Berapakah Sys, Dia, Pulse yg normal?

Sys normal merupakan 120 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 120-139 menerangkan keadaan cenderung hipertensi, akan tetapi belum hipertensi, sedangkan nilai pada atas 140 mmHg dikategorikan menjadi hipertensi.

Dia normal merupakan 80 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 80-89 menunjukkan syarat cenderung hipertensi (prehipertensi), sedangkan nilai 90 mmHg ke atas mengkategorikan menjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pulse yang normal adalah berkisar antara 60-100 kali per mnt. Nilai di atasnya dianggap takikardi dan nilai di bawahnya dianggap bradikardi.

Demikian mengenai Sys, Dia, Pulse, pada alat pengukur tekanan darah. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL SYS DIA DAN PULSE DALAM ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel