-->

MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA

Zona bucin---Warga belajar dan para murid sekalian, pada pembahasan mengenai acara-acara pendidikan luar sekolah, kursus serta training, khususnya tentang program life skill, kali ini kita akan melihat mengenai bagaimana sebuah motivasi berprestasi serta kerjasama tim pada berwirausaha itu penting sekali. Lantaran seorang yang bekerja menjadi wirausaha (entrepreneurship) memerlukan sekali konsep motivasi dalam berprestasi ini. Marilah kita simak artikel ringkas di bawah ini;

A. Pengertian Motivasi Berprestasi

Motivasi adalah dorongan buat berbuat sesuatu yg mengarahkan konduite individu buat mencapati tujuan. Sedangkan motivasi berprestasi adalah menerapkan standar kinerja dan standa kesempurnaan yang tinggi, mendorong orang lain dan diri sendiri buat berprestasi, mencapai,  bahkan melebihi sasaran yg ditetapkan. Motivasi pada suatu perbuatan memegang peran sangat penting. Lemahnya upaya yg dikerahkan seorang dalam mengerjakan sesuatu sangat ditentukan sang motivasinya. Oleh karena itu, mengetahui dan membina motivasi yg sahih adalah suatu keharusan bagi siapa saja yg ingin meraih keberhasilan. Demikian juga dalam berwirausaha. Dalam berwirausaha diperlukan semangat serta motivasi yang tinggi. Motivasi ini sebagai pendorong yang kuat bagi wirausaha buat mencapai output yg baik. Motivasi berprestasi sebagai indikasi bagi wirausahawan bahwa beliau nir mudah menyerah pada mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.


Seseorang yang memiliki motivasi berprestasi bisa dicirikan sang beberapa hal, sebagai berikut:

a. Segi kognisi:
1) Menyelesaikan tugas sebaik mungkin
Menyelesaikan tugas sebaik-baiknya merupakan sebuah keberhasilan. Dan keberhasilan adalah sebuah prestasi, sehingga seorang yang mempunyai motivasi berprestasi akan selalu melaksanakan tugas menggunakan sebaik-baiknya.

2. Bekerja nir atas dasar spekulasi

3. Berfikir dan berorientasi kedepan
Berorientasi ke depan, berarti melakukan prencanaan serta berpikir ke depan. Seseorang yang berorientasi ke depan mencari dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi jauh pada masa depan.

4. Lebih mementingkan prestasi daripada upah
Seseorang yang mempunyai motivasi berprestasi kadangkala mengesampingkan penghasilan atau upah. Bagi mereka, prestasi adalah sebuah keberhasilan serta pujian, yg tidak dapat diukur menggunakan uang.

5. Realistik menilai dirinya

6. Tidak konsumtif, melainkan produktif

b. Segi konasi:
1) Semangat, kerja keras penuh vitalitas
2) nir mudah menyerah
3) Tidak lupa diri jika mendapat pujian
4) Dengan senang hati menerima
5) Senang dalam tugas-tugas yang menantang.

c. Segi Afeksi:
1) Gembira manakala memenangkan persaingan
2) Belajar menurut pekerjaan sebelumnya
Pekerjaan sebelumnya dijadikan pengalaman, sebagai akibatnya apapun pengalaman yg dimiliki sebagai pengajar yang terbaik.
3) Senang bekerja pada suasana bersaing
Pesaing budkan dianggap sebagai penghalang, tetapi justru sebagai tantangan untuk memenangkan pertandingan.

4) menyesal serta kecewa kalau output kerjanya jelek

5) Memperhitungkan resiko dengan cermat
Motivasi buat meraih prestasi dipengaruhi sang beberapa faktor. Beberapa faktor yang mensugesti motivasi suntuk meraih prestasi antara lain :
a. Menjadi yang terbaik
Menjadi yg terbaik yaitu menjadi seseorang yang paling baik pada atara lainnya

b. Hasil yang terbaik 
Yaitu menginginkan hasil yg paling baik yg bisa dicapai

c. Meraih cita-cita
Cita-cita bisa dijadikan pendorong buat berprestasi, sebagai akibatnya seseroang bekerja keras dalam rangka mencapai cita-citanya.

d. Mengoptimakan potensi
seseorang yg memiliki potensi serta menyadari potensi dirinya harus dikembangkan akan sebagai pendorong buat meraih prestasi.

e. Meraih prestise/kebanggaan

f. Optimis bahwa kita bisa

g. Puas

h. Niat yang baik

i. Membuktikan bahwa kita bisa.

Beberapa hal pentong yang harus dilakukan buat meraih prestasi antara lain;
a. Menetapkan tujuan-tujuan yang menantang
menetapkan tujuan yg menantang akan meningkatkan semangat, dibandingkan tujuan yang biasa-biasa saja.

b. Bekerja secara kontinyu buat mencapai sasaran

c. Mempengaruhi penetapan prioritas tim buat menyelesaikan pekerjaan tim
Anggota tim yang terlibat harus dikondisikan untuk bekerja sesuai prioritas, sebagai akibatnya prestasi dapat dicapai.

d. Mengindentifikasi tindakan-tindakan buat menaikkan kinerja tim. 
Yaitu menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan, sebagai akibatnya dapat mempertinggi kinerja tim. Kinerja yg cantik akan memudahkan tim buat meraih prestasi.

e. Menjaga supaya tim permanen fokus pada pencapaian target

f. Mendorong anggota tim menjadi yang terbaik.
Mendorong anggota tim menjadi yg terbaik, mengakibatkan setiap anggota akan berusaha menaruh yang terbaik buat mencapai sukses beserta.

B. Kerjasama Tim

Kerjasama sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Begitu juga dengan aktivitas berwirausaha pada bidang yang telah ditentukan. Seorang wirausahawan wajib memfokuskan kekompakan aktivitas dalam usaha yg digelurinya termasuk membentuk jaringan serta kerjasama dengan orang=orang di sekitarnya.

syarat/hukum kerjasama tersebut diantaranya:

1) Nilai kerjasama
Seseorang tidak akan menjadi akbar serta berhasil saat orang itu bekerja sendiri. Oleh karenanya diharapkan kerjasama tim.

2) Memmperhitungkan tujuan
Memperhitungkan tujuan akhir menurut kerjasama yaitu manfaat yang diperoleh dari kerjasama tim.

3) Posisi yang tepat
Setiap orang dalam tim memiliki porsi tugasnya masing-masing sinkron menggunakan kemampuannya, sehingga setiap orang dalam tim bisa menaruh kontribusi maksimal .

4) Semakin tinggi tantangannya, semakin tinggi kebutuhan kerjasamanya

5) Setiap orang pada tim memiliki kedudukan yang sama, baik pimpinan maupun karyawan mempunyai efek yg akbar terhadap keberhasilan kerjasama.

6) Kerjasama tim dikatakan berhasil saat tim tadi berisi orang-orang yang bertenaga dan mempunyai komitmen, sebagai akibatnya pekerjaan bisa selesai meskipun bekerja pada bawah tekanan.

7) Dalam bekerja sama sangat diperlukan visi mengenai tujuan kerjasama. Visi ini akan menaruh arah dan agama diri pada anggota tim.

8) Setiap anggota tim harus berkerja secara fair dan menghindarkan diri berdasarkan sikap yg mementingkan diri sendiri.

9) Rekan-rekan tim harus bisa saling diandalkan pada soal-soal penting.

10) Ada biaya yang wajib dipenuhi bila kerjasama tim ingin berhasil. Selain itu terdapat konsekuensi yang harus dihadapi jika ingin mencapai tujuan, contohnya meninggalkan keegoisan, menangsendiri, serta lain-lain.

11) Ada nilai-nilai bersama yang harus dijunjung tinggi bersama sang anggota tim, yg bisa menciptakan kerjasama tim berhasil.

12) Ada nilai-nilai beserta yang wajib dijunjung bersama oleh anggota tim, yg dapat menciptakan kerjasama tim berhasil

13) Interaksi mendorong diambilnya tindakan. Komunikasi yg efektif sangat dibutuhkan pada setiap kerjasama . Berdasarkan komunikasi bisa diketahui masalah, serta segera dapat dicarikan solusinya.

14) Kepemimpinan yang baik akan membawa tim menuju keberhasilan

15) Keberhasilan yg dicapai tim merupakan obat berdasarkan usaha yang dilakukan anggota

16) Investasi pada tim akan berkembang dengan berjalannya waktu.


C. RANGKUMAN

Motivasi merupakan dorongan buat berbuat sesuatu yg mengarahkan konduite individu untuk mencapai tujuan. Sedangkan motivasi berprestasi merupakan menerapkan standar kinerja dan standar kesempurnaan yg tinggi, mendorong orang lain serta diri sendiri buat berprestasi, mencapai, bahkan melebihi target yang ditetapkan. Dalam berwirausaha diharapkan semangat atau motivasi yg tinggi. Motivasi berprestasi ini menjadi pendorong yg kuat bagi wirausaha buat mencapai output yg baik. Motivasi berprestasi menjadi indikasi bagi wirausahawan bahwa dia tidak mudah menyerah serta mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam berwirausaha diharapkan kerjasama supaya tercapai keberhasilan. Seseorang wirausaha harus memfokuskan kegiatan pada usaha yang digelutinya termasuk membentuk jaringan serta kerjasama dengan orang-orang pada sekitarnya. Seseorang wirausaha nir akan bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan timnya atau pihak-pihak lainya sebagai mitra yang solid. 


Demikian artikel goresan pena singkat tentang motivasi berprestasi dan kerjasama tim pada berwirausaha, semoga berguna untuk menambah wawasan kita tentang kewirausahaan. Terimakasih. Wassalam...



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel