PERINSIP PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM
1.Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum taraf satuan pendidikan jenjangpendidikan dasar dan menengah dikembangkan sang sekolah serta komite sekolahberpedoman dalam standar kompetensi lulusan dan standar isi sertapanduan penyusunan kurikulum yg dibuat olehBSNP. Kurikulum dikembangkan dari prinsip-prinsip berikut.
a.Berpusat padapotensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan siswa danlingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsipbahwa peserta didik memiliki posisi sentral buat berbagi kompetensinya agarmenjadi manusia yg beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlakmulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi rakyat negara yg demokratisserta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tadi pengembangankompetensi siswa disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan,dan kepentingan siswa dan tuntutan lingkungan.
b.Beragam serta terpadu
Kurikulum dikembangkan denganmemperhatikan keragaman ciri peserta didik, kondisi daerah, danjenjang dan jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya serta adatistiadat, dan status sosial ekonomi serta gender. Kurikulum meliputi substansikomponen muatan harus kurikulum, muatan lokal, serta pengembangan diri secaraterpadu, dan disusun pada keterkaitan serta kesinambungan yang bermakna dantepat antarsubstansi.
c.Tanggapterhadap perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi, serta seni
Kurikulumdikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi serta seniberkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulummendorong peserta didik buat mengikuti dan memanfaatkan secara tepatperkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
d.Relevandengankebutuhan kehidupan
Pengembangankurikulum dilakukan denganmelibatkan pemangkukepentingan (stakeholders) buat mengklaim relevansi pendidikan dengankebutuhan kehidupan, termasuk pada dalamnya kehidupankemasyarakatan, dunia bisnis dandunia kerja. Oleh karenanya, pengembangan keterampilanpribadi,keterampilanberpikir, keterampilan sosial, keterampilanakademik, serta keterampilan vokasional adalah keniscayaan.
e.Menyeluruh serta berkesinambungan
Substansi kurikulum meliputi keseluruhandimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan serta mata pelajaran yg direncanakandan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
f.Belajarsepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada prosespengembangan, pembudayaan serta pemberdayaan peserta didik yg berlangsungsepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsurpendidikan formal, nonformal serta informal, menggunakan memperhatikan kondisi dantuntutan lingkungan yang selalu berkembang dan arah pengembangan manusiaseutuhnya.
g.Seimbang antarakepentingan nasional serta kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan denganmemperhatikan kepentingan nasional serta kepentingan daerah buat membangunkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dankepentingan wilayah harus saling mengisi serta memberdayakan sejalan menggunakan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangkaNegara Kesatuan Republik Indonesia.
2Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
Dalam aplikasi kurikulum di setiap satuanpendidikan memakai prinsip-prinsip menjadi berikut.
a.Pelaksanaan kurikulum didasarkanpada potensi, perkembangan serta kondisi peserta didik buat menguasai kompetensiyang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini siswa wajib mendapatkanpelayanan pendidikan yang bermutu, dan memperoleh kesempatan untukmengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis serta menyenangkan.
b.Kurikulum dilaksanakan denganmenegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (a) belajar buat beriman serta bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar buat tahu serta menghayati, (c)belajar untuk bisa melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untukhidup bersama serta berguna bagi orang lain, serta (e) belajar untuk membentuk danmenemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, danmenyenangkan.
c.Pelaksanaan kurikulum memungkinkanpeserta didik menerima pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, serta/ataupercepatan sinkron menggunakan potensi, termin perkembangan, serta syarat peserta didikdengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi siswa yangberdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
d.Kurikulum dilaksanakan dalamsuasana hubungan siswa dan pendidik yg saling menerima danmenghargai, akrab, terbuka, serta hangat, menggunakan prinsip tut wuri handayani,ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan dayadan kekuatan, pada tengah membangun semangat serta prakarsa, pada depan memberikancontoh dan teladan).
e.Kurikulum dilaksanakan denganmenggunakan pendekatan multistrategi serta multimedia, sumber belajar danteknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumberbelajar, menggunakan prinsip alam takambangjadi guru (seluruh yang terjadi, tergelar serta berkembang di rakyat danlingkungan lebih kurang serta lingkungan alam semesta dijadikan asal belajar,model serta teladan).
f.Kurikulum dilaksanakan denganmendayagunakan syarat alam, sosial serta budaya dan kekayaan daerah untukkeberhasilan pendidikan dengan muatan semua bahan kajian secara optimal.
g.Kurikulum yg meliputi seluruhkomponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diridiselenggarakan dalam ekuilibrium, keterkaitan, dan transedental yang cocokdan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
0 Response to "PERINSIP PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.