PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN
Islam telah terdapat sejak zaman kenabian.semenjak itu Islam terus berkembang hingga ketika ini. Tetapi, perkembangan islamtidak semudah apa yang kita lihat,saat ini ,ajaran islam mengalami mundurhingga akhirnya berjaya sampai saat ini.
periode selesainya 1800 masehi dikatakan sebagai islam terkini ,termasuk pada dalamnya ketika ini.dimasa ini banyak perkembangan dalam kehidupan islam,peliputipendidikan,politik,perdagangandan kebudayaan .dan semua perkembangan islam dirangkum pada sejarah islam tadi sejarah islam tadi terbagai menjadi tiga periode,yakni pertamadisebut menggunakan periodeklasik(650-1250M).periode kedua dianggap periodepertengahan(1250-1800M).periode ke 3 merupakan periode modern (1800-sekarang).
Periode pertama yakni periode klasik(650-1250M)islammengalami masa keemasanatau masa kejayaan .menggunakan di buktikan adanya luasnyawilayah kekuasaan islam,adanya intergrasi antar daerah islam dan adanya puncak kemajuan islam pada bidangilmu dan sains .tetapi sekitar tahun 1000-1250M keutuhan umat islam di bidang politik pecah ,kekuasaan khalifah menurun akhirnta tahun1251M bisa dikuasai dan dihancur kan Hulagu Khan.
Period eke 2 ,yakni periode pertengahan(1250-1800M).pada periode pertengahan terbagi menjadi 2 fase,pertama ,fase kemunduran(1250-1500M) zaman inidesentralisasikan dan disintegrasi semakin meningkat.banyak wilayah yangmemisahkan diri dari kekuasaan sentra. Kedua Fase3 kerajaanbesar(1500-1800M). Dimulai zaman kemajuan (1500-1700M) dengantiga Negara ,yaitu kerajaan usmanidiTurkikerajaan syafawi pada Persia,dan kerajaan mughaldi india yg Berjaya pada bidang literature danarsitektur.
Periode ke tiga yakniperiode terkini (1800m sekarang ). Periode ini di sebut pula periodepembaharuan karena merupakan zamankebangkitan serta pencerahan umat islam terhadap kelemahan dirinya serta adanya buat memperoleh kemajuan dalamberbagai bidang ,terutama pada bidang pengetahuan danteknologi .pada bab inikita hanya akan terfokus membahasmengenai periode Modern(1800-sekarang).
B. Perkembangan islampada periode modern.
Dengan adanya penyimpangan-penyimpangan tadi mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha menyadarkan terhadap defleksi defleksi yangtelah di lakukan agar pulang jalan yangdi ridhoi allah SWT. Tokoh-tokohtersebut antara lain :
Dengan adanya penyimpangan-penyimpangan tadi mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha menyadarkan terhadap defleksi defleksi yangtelah di lakukan agar pulang jalan yangdi ridhoi allah SWT. Tokoh-tokohtersebut antara lain :
1. Muhammad bin Abdul Wahap
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi)dalam tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorangulama besar yang froduktif terbukti menggunakan karangan bukunta mengenai islam .diantaranya bukunya berjudul“kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawiatau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentangajaran islam merupakan antara lain menyeru pada umat islam supaya hayati di duniatidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi wajib pula memikirkankehidupan dunia ,agar umat islam nir dijajah sang bangsa lain
3.jamaludin Al Afghani
Lahir pada Afganistan tahun1839M. Wafat pada istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yg dimunculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita buat biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaumlaki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi)dalam tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorangulama besar yang froduktif terbukti menggunakan karangan bukunta mengenai islam .diantaranya bukunya berjudul“kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawiatau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentangajaran islam merupakan antara lain menyeru pada umat islam supaya hayati di duniatidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi wajib pula memikirkankehidupan dunia ,agar umat islam nir dijajah sang bangsa lain
3.jamaludin Al Afghani
Lahir pada Afganistan tahun1839M. Wafat pada istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yg dimunculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita buat biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaumlaki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
rubahmenjadiDemokrasi,Artinya islam menghendaki pemerintahan republic yg pada dalamnya masih ada kebebasan mengemukakanpendapat dan Negara wajib tunduk kepadaundang-undang ,dan Plan Islamisme yaitupersatuan dan kesatuan umat islam sine qua non lantaran hal tadi di atassegalanya.
C. Contoh Perkembangan Islam Modern
1.ilmu pengetahuan pada india
wangsit pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali dicetuskan olehsyekh Waliyulloh padaabad ke 18 .lalu pada teruskan sang anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan sang syekh Waliyulloh danSayid Ahmad Syahid.
2.ilmu pengetahuan di mesir
pembaharuan pada mesir pada ilhami berdasarkan pembaharuan yangdilakukan Sayid Jamaludin al Afghani di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir misalnya Muh.abduh,Muh.rasyid Ridha ,Tooha Husein ,san yusuf Al qardawi.
3.ilmu pengetahuan pada turki
sultan Mahmud II darikesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,diantaranya memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam forum pendidikan islam ,mendirikanlembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan MahmudIImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
kebudayaan merupakan output cipta serta karsa darimanusiauntuk insan itu sendiri dari masa ke masa kebudayaansemakin berkembang . Termasukdidalamnya perkembangan budayaislam yg meliputi arsitektur,sastra,serta kaligrafi .
C. Contoh Perkembangan Islam Modern
1.ilmu pengetahuan pada india
wangsit pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali dicetuskan olehsyekh Waliyulloh padaabad ke 18 .lalu pada teruskan sang anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan sang syekh Waliyulloh danSayid Ahmad Syahid.
2.ilmu pengetahuan di mesir
pembaharuan pada mesir pada ilhami berdasarkan pembaharuan yangdilakukan Sayid Jamaludin al Afghani di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir misalnya Muh.abduh,Muh.rasyid Ridha ,Tooha Husein ,san yusuf Al qardawi.
3.ilmu pengetahuan pada turki
sultan Mahmud II darikesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,diantaranya memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam forum pendidikan islam ,mendirikanlembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan MahmudIImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
kebudayaan merupakan output cipta serta karsa darimanusiauntuk insan itu sendiri dari masa ke masa kebudayaansemakin berkembang . Termasukdidalamnya perkembangan budayaislam yg meliputi arsitektur,sastra,serta kaligrafi .
Masa moderen dalamsejarah islam pada katagorikan bermula dari tahun 1800 M dan berlangsung padamasa sekarang yang pada tandai dengan gerakan pembaruan dalam berbagai bidang.saat islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa justru mengalami kemajuan luarbiasa dalam lapangan kebudayaan, ekonomi, ilmu pengetahuan, serta teknologi, Olehkarena itu, pada periode ini kondisi global islam berada pada bawah pengaruhkolonialisme dan imperialisme Eropa tadi.
Dalam perjalanan sejarah, baru padapertengahan abad 20M, dunia islam bangkit memerdekakan negrinya daripenjajahan. Periode ini memang merupakan zaman kebangkitan balik islamsetelah mengalami kemundururan di periode pertengahan. Adapun inspirasikebangkitan di mulai dalam saat Napoleon Bonaparte menduduki Mesir di tahun1798M. Meskipun penduduk tadi nir berlangsung usang, namun hal itumeninggalkan kesan yang mendalam dalam diri umat islam tentang kemajuan Eropadan ketertinggalan peradaban kaum muslim. Kesadaran ino lah yang kemudianberubah sebagai berubah sebagai sebuah upaya serta agenda akbar umat islam diabad moderen ini guna melakukan pembaruan serta modernisasi.
D.perkembangan Agama, Politik, Ekonomi
1. Perkembangan Agama
Masa moderen ini memberi landasanintelektual bagi pembaruan di banyak sekali bidang, termasuk pada bidang Agama.dalam istilah Arab, pembaruan di kenal menggunakan nama Tajdid. Adapun secaraistilah, Tajdid di formulasikan sebagai upaya dan aktivitas buat mengubahkehidupan umat islamdari keadaan yg sedang berlangsung kepada keadaan yg hendakdi wujudkan demi upaya kesejahteraan, baik di global maupun pada akhirat, dikehendaki oleh islam. Kata pembaharuan islam mempunyai makna”modernisasi”,yaitu ajaran islam yg bersifat nisbi serta terbuka buat perubahan sertapembaruan.
Islam adalah agama yang memberikebebasan kepa umatnya buat mengekspresikan diri asalkan sesuai dengan kaidahajaran islam Dan sejalan menggunakan tujuan penciptanya, yakni buat beribadahkepada Allah SWT. Perjalanan sejarah umat islam telah membuktikan bahwa setiapsaat terdapat umat yg senantiasa berposisi sebagai pemberi motivasi atau pembarubagi warga .
Salah satu pelopor pembaru pada duniaislam Arab adalah satu genre yg bernama Wahabiah yg sangat berpengaruh diabad ke-19. Pelopornyo merupakan Muhammad bin Abdul Wahab (1703-1787M) yangberasal dari Nejed, Saudi Arabia. Pemikiran yang dikemukakan sang Muhammad binAbdul Wahab merupakan upaya buat memperbaiki kedudukan umat islam serta merupakanreaksi terhadap paham tauhid yang masih ada pada kalangan umat islam saat itu. Pahamtauhid mereka sudah tercampur aduk rata sang ajaran tarikan yg sejak abad ke-13tersebar luas di global.
Di setiap negara islam yangdikunjunginya, Muhammad bin Abdul Wahab melihat makam syekh tarika yangbertebaran. Setiap kota, ke makam itu lah umat islam pergi serta memintapertolongan dari syekh, syekeh atau wali yg telah mati global pada pandangorang yg berkuasa. Perbuatan ini adalah paham Wahabiah termasuk syirikkarena permohonan tersebut nir di paham lagi dipanjatan pada Allha SWT.
Oleh karena itu, nir mengherankanapabila Muhammad bin Abdul Wahab menetapkan perhatiannya pada duduk perkara ini. Iamemiliki pokok pemikiran menjadi berikut.
- Yang wajib disembah hanyalah Allah SWT. Dan orang yang menyembah selain dari-Nya telahdiinyatakan musyrik.
- Kebanyakan orangislam bukan lagi penganut paham tauhid yg sebenarnya lantaran mereka memintapertolongan bukann lagi kepada Allah, melainkan dari syekeh. Orang islam yangberperilaku demikian dinyatakan musyrik
- Menyebut nama nabi,syekeh,ataumalaikat sebagai pengantar dalam doa pula dikatakan menjadi syirik.
- Meminta syafaat selainkepada Allah merupakan jua adalah syirik
- Benazarkepada selain menurut Allah jua perbuatan syirik
- Memperolehpengetahuan selain Al Quran, hadis, dan kias adalah ke kufuran
- Tidak percaya kepadakada serta kadar Allah adalah kekufuran
- Menafsirkan Al Qurandengan takwil atau interpretasi bebas pula termasuk kekufuran.
Untuk mengembalikan kemurnian tauhidtersebut, makam-makam yang poly dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat,keberuntungan, dan lain-lain sebagai akibatnya membawa pada paham syirik.pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yg mempunyai efek padaperkembangan pemikiran pembaruan pada abad ke-19 merupakan sebagai berikut:
- Hanya Al Qurandanhadis yg adalah asal asli ajaran-ajaran islam. Pendapat ulama bukanlahmerupakan asal.
- Taklidkepada ulama nir dibenarkan
- Pintuijtihad senantiasa terbuka serta tidak tertutup.
Muhammad bin Abdul Wahab merupakanpemimpin yg aktif berusaha mewujudkan pemikirannya. Pemikiran Muhammad binAbdul Wahab pula pada kembangkan pada indonesia yg awalnya pada bawa oleh haji asalminangkabau, yaitu Haji Miskin, Haji Piobang, Haji Sumanik.
2. PerkembanganPolitik
Terdapat 2 agenda pemburuan dalammasyarakat islam mengenai perkembangan politik yaitu:
a. Persoalan Internasional PolitikIslam
Jamaluddin AL Afgani adalah tokohutama penggagas internasionalisme. Islam secara politik. Menurut Al Afgani,umat islam harus menyatukan barisan dan kekuatannya dalam satu bentukPan-Islamisme. Halini menjadi sangat penting buat membentengi diri umat Islamdari penguasaan penjajahan Barat. Konsep nasionalisme, yang menciptakan umat islamterpecah-pecah dan terkotak-kotak dalam sekian poly notion-state, nir akankonduktif dan nir dapat diharapkanuntuk menghadapidominasi Barat tersebut.
b.persoalan Hubungan Agama dengan Konsep Negara dalam Islam
Respon umat islam terhadap perkara inimuncul dalam 3 bentuk, respon kalangan modermis, revivalis, serta sekularis.menurut kalangan revivalis, bentuk negara islam wajib pada kembalikan ke dalambentuk pengalaman awal sejarah umat islam . Menurut tokohnyo, Abul A’la AlMududin, kedalutan tertinggi dalam islam adalah Tuhan,Oleh karenanya, Al Quranharuslah sebagai konstituti dasar suatu negara islam.
Bagi kalangan Modernis, Bentuk Negaraislam di serahkan sepenuhnya pada kebutuhan zamannya masing-masing, Yangterpenting merupakan bahawa pengelolahan politiknya wajib memiliki landasan etikIslam yang kuat.
Yang paling kontrovesial adalahkalangan sekularis. Berawal dengan menjelaskan sifat kepemimpinan Nabi, AliAbdurraziq sampai dalam konklusi bahwa islam nir mengatur masalah –masalahkenegaraan, nir memerintahkan, dan pula nir melarangnya. Hal ini tampakdalam kepemimpinan Nabi yg murni bersifat keagamaan. Muhammad pada pandanganAli Abdurraziq, menyerahkan sepenuhnya perkara kenegaraan pada umat islamsecara rasional serta berdasarkan pengalaman historisnya masing-masing untukmengatur, mengelola, serta memformat negaranya.
3. Perkembangan Ekonomi
Perekonomian penduduk yg merupakansyarat primer bagi kelangsungan hidup dan hal ini disadari oleh Kerajaan Usmanisebagai negara yang mengalami awal masa pembaruan. Maka pada hal perekonomian,Kerajaan Usmani melakukan hal-hal berikut:
- Pada periodepertama, Usmani bertujuan menguasai beberapa jalur perdagangan serta beberapasumner produktif.
- Berbagaiproduk menurut Irian, Teluk Persia, dan, Laut Merah membantu dalammenjadikan Usmani sebagai sentra perdagangan yang makmur.
- Beberaparute haji mengantar warga berdasarkan berbagai daerah Kerajaan Usmani ke Mekah danMadinah. Mekah adalah sebuah kota sentra perdagangan rempah-rempah, mutiara,lada, dan kopi.
- Penyediaan saranakendaraan haji di Damaskus, Koiro, serta Bagdad menjadi aktivitas usaha yangpenting.
- Dalamrentangan abad 15 serta 16, Basrah sebagai pusat perdagangan terbesar di Anotoliaserta aneka macam dermaga terbesar dalam pertukaran barang –barang.
- KotaIstambul di bangun dengan merekontruksi beberapa institusi publik sepertisekolah, tempat tinggal sakit, tempat pemandian umum, dan loka pengapdian.
- Pada abad 17 dan18, berlangsung perubahan situasi yg sangat menonjol dalam sistem kerajaanUsmani, artinya terjadi juga pecahnya peperangan yg berkepanjangan antarapetinggi pusat dan petinggi lokal buat memperebutkan kekuasaan terhadappendapatan atas pajak produksi penduduk.
B. Perkembangan Ilmu Pengetahuan danTeknologi
Beberapa tokoh yang terkenal dalamdunia ilmu pengetahuan atau pemikiran islam tadi antara lain sebagaiberikut:
1. JamaluddinAl Afgani (Iran Turki 9 Maret 1897)
Salah satu sumbangan terpenting didunia islam diberikan sang Sayid Jamaluddin Al Afgani. Gagasan mengilhami kaummuslim di turki, iran, mesir, serta india.
2. MuhammadAbduh (Mesir 1849-1905) dan Muhammad Rasyid Rida
Guru serta siswa tersebut sempatmengunjungi beberapa negara Eropa dan terkesan dengan pengalaman mereka disana. Rasyid Rida menerima pendidikan islam tradisional dan mengguasai bangsaasing.
3. Toha Husein(Mesir Selatan 1889-1973)
Toha Husein merupakan seseorang sejarawandan filsuf yang amat mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia merupakanseseorang pendukung modernisme yg gigih.
4. Sayid Qutub(Mesir 1906-1966)dan Yusuf Al Qardawi
Al Qardawi menekankan perbedaanmodernisasi serta pembaratan. Jika modernisasi yg dimaksud bukan berarti upayapembaratan dan memiliki batasan dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan modern sertapeneratan teknologinya, maka Islam nir menolaknya, bahkan mendukungnya.
5. Sir SayidAhmad Khan (India 1817-1898)
Sir Sayid Ahmad Khan adalah pemikiryang menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Seprti halnya Al Afgani, iamenyerukan kaum muslim buat meraih ilmu pengetahuan moderen. Akan tetapi,tidak selaras menggunakan Al afgani, ia melihat adanya kekuatan yg membebaskan dalamilmu pengetahuan serta teknologi moderen.
6. Sir MuhammadIqbal (Punjab 1873-1938)
Generasi awal abad ke-dua merupakan SirMuhammad Iqbal yg merupakan keliru seseorang muslim pertama dfi anak benua indiayang sempat mendalami pemikiran Barat moderen serta memiliki latar belakangpendidikan yang bercorak tradisional intelektual islam.
C. Perkembangan Seni dan Budaya
Hal yg bisa di pelajari pada berbagainegara islam atau negara yang berpenduduk lebih banyak didominasi umat islam adalah:
1. Arsitektur
Arsitektur ada yg berfungsi melayanikeagamaan, seperti masjid, makam, madrasa dan adapula yang berfungsi melayanikepentingan sekunder, misalnya istana, benteng, jalan-jalan raya, karavaserai.di bidang perhotelan sudah di bangun hotel-hotel glamor bertarafinternasional antara lain :
Masjidil Haram ialah masjid yang dihormati atau dimuliakan. M asjid ini berbentuk empat persegi terletak ditengah-tengah kota mekah, Masjid ini adalah masjid tertua di global.
Masjid Nabawi adalah Masjid yg megahdan latif dan sangat luas.masjid Nabawi bertahmbah megah serta latif denganadanya sepuluh butir manara yg menjulang tinggi, 95 butir pintu yg lebar danindah, serta pula kubah masjid yg dapat terbuka dan tertutup.
Sekarang ini Tehera adalah salahsatu kota terbesar pada Asia. Bangunan arsitekturpeninggalan Dinasti Qatar yaitu:
- IstanaNiavarand, loka kediaman Syah Muhammad Reza Pahlepi dan keluarganya
- Pengkuburan Behesyyti Zahara, Pekuburan ini tempatdimakamkah puluhan ribu pahlawan Revolusi islam.
2.sastra
Pada masa pembaharuan sudah bermunculan para sastrawan yg berkarya sastranyabersifat islami di aneka macam negara, misalnya
Pada masa pembaharuan sudah bermunculan para sastrawan yg berkarya sastranyabersifat islami di aneka macam negara, misalnya
- Seorang sastrawan dan pemikir besar , menjelang abad ke-20 sudah lahir diPskitan (1877-1938)yang bernama Muhammad Iqbal, dia telah mengungkapakanfilsafat mengenai puisi menggunakan bahasa Urdu serta Persi.
- Mustafa Lutfi Al-Manfaluti(1876-1926) seseorang sastrawan serta ulama Al Azhar
- Dr. MuhammadHusain Haekal (1888-1956) pengarang yang telah menulis Hayatu Muhammmad
- Jamil SidiqAz-Zahawi (1863-1936)seorang perintis sajak moderen serta seorang penyair tua
- Abdus SalamAl-Ujaili (Lahir 1918)Seorang sastrawan pada Suriah serta juga seorang dokter medis
- AisyahAbdurrahman seseorang dokter pada sastra klasik
3.kligrafi
Kata Kaligrafi berasal berdasarkan BahasaYunani: Kaligrafia atau kaligraphos. Kallos berarti latif grophoberarti tulisan.jadi kaligrafi berarti latif yang mempunyai nilai estetis.
Perhatian umat islam indonesia terhadapseni kaligrafi cukup cantik. Hal ini ini pada tandai antara lain:
- Diadakan pameran lukisankaligrafi nasional
- Di selengarakannya Mussabaqah khaafindah Al-Quran pada setiap MTQ.
D. Hikmah Perkembangan Islam pada Masa Moderen
- Sejarah pada kemukakan pada Al Quran menjadi kisah atauperistiwayang dialamiumatmanusia pada masa lalu.
- Pelajaran yg dapat diambil dari sejarah dapat sebagai pilihanketika merogoh sikap.
Sumber : Dirangkum berdasarkan banyak sekali sumber !!I
0 Response to "PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.