-->

PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN

Zona bucin----Tahukah kalian, Indonesia nusantara yg mempunyai majemuk seni budaya ini, memiliki banyak sekali permainan dan olahraga tradisional yang unik serta menarik, salam satunya merupakan permainan balogo. Balogo merupakan galat satu nama jenis permainan tradisional di Kalimantan, khususnya dalam Suku Banjar pada Kalimantan Selatan. Nama Balogo diambil menurut kata logo, yaitu bermain menggunakan menggunakan alat logo. 

Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dengan berukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 centimeter serta kebanyakan dibuat berlapis 2 yg direkatkan dengan bahan aspal atau dempul agar berat dan kuat. Bentuk alat logo ini beragam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar . 



Dalam permainannya wajib dibantu menggunakan sebuah alat yg dianggap panapak atau kadang-kadang di beberapa daerah ada yang menyebutnya menggunakan campa, yakni stik atau alat pemukul yg panjangnya kurang lebih 40 centimeter menggunakan lebar dua centimeter. Fungsi panapak atau campa ini merupakan buat mendorong logo supaya mampu meluncur serta merobohkan logo pihak versus yg dipasang waktu bermain. 

Permainan Balogo ini mampu dilakukan satu lawan satu atau secara beregu. Apabila dimainkan secara beregu, maka jumlah pemain yg "naik" (yang melakukan permainan) harus sama menggunakan jumlah pemain yang "pasang" (pemain yg logonya dipasang buat dirobohkan) Jumlah pemain beregu minimal dua orang serta maksimal lima orang. Dengan demikian jumlah logo yang dimainkan sebanyak jumlah pemain yang disepakati pada permainan. 


Cara memasang logo ini merupakan didirikan berderet ke belakang pada garis-garis melintang. Karenanya inti dari permainan Balogo ini adalah keterampilan memainkan logo supaya bisa merobohkan logo lawan yg dipasang. Regu yang paling banyak dapat merobohkan logo lawan, mereka itulah pemenangnya. 

Yang unik dalam permainan balogo ini, untuk memenangkan permainan, ada pemain yang membacakan atau merapal sejenis mantra eksklusif supaya mampu memenangkan permainan. Mantera yang dikenal sang rakyat pada Kalimantan Selatan ini dibaca oleh orang-orang yang sedang bermain logo, dengan tujuan agar logo lawan yang tentang logo si pembaca mantera akan pecah atau retak. Dengan demikian si pembaca mantera akan memenangkan permainan

Permainan Balogo ini mengandung mitos sekaligus filosofi yang luhur sebagai tradisi permainan yang diwariskan nenek moyang Suku Dayak Kalimantan Tengah. Pada kehidupan masa kemudian Suku Dayak di Kalimantan Tengah, permainan Balogo itu adalah permainan yang dianggap bisa mengukur tingkat kesuburan (keberuntungan) kehidupan mereka. Tradisi permainan Balogo ini memang terdapat hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah kendati nir diketahui jelas semenjak kapan tradisi itu mulai berjalan. 

Untuk masyarakat Dayak di daerah Kalimantan Tengah serta sekitarnya, setelah menggelar upacara Tiwah, yg sama ialah menggunakan membuang harta. Untuk mengukur apakah kita masih memiliki rejeki selesainya upacara Tiwah maka dimainkan Balogo. Dalam permainan ini secara tidak langsung terjadi proses penanaman nilai-nilai budaya, sehingga para pemain Balogo tertanam jiwa kejujuran, nir egois, kerjasama, perilaku kerja keras dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan persoalan.

Demikian sekilas mengenai Permainan serta olahraga balogo menurut wilayah Kalimantan Selatan ini semoga bermafaat. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel