-->

RAHASIA DI BALIK PENCIPTAAN KEYBOARD PAPAN KETIK KOMPUTER

Keyboard++Komputer+Lengkap2.jpgTahukah engkau papan ketik yg sedang terdapat dihadapan kamu itu, ternyata memiliki rentang sejarah berdasarkan kelahiran serta penciptaannya. Pada awalnya penciptaan papan ketik komputer diilhami sang penciptaan mesin ketik yg dasar rancangannya dibentuk sang Christopher Latham tahun 1868 dan poly dipasarkan pada tahun 1877 sang Perusahaan Remington. Papan ketik komputer pertama diubahsuaikan berdasarkan kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman goresan pena jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 personal komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu penghasil lubang (punched card reader) menjadi indera masukkan dan keluaran.

Meskipun pengembangan perangkat input alternatif seperti tetikus, layar sentuh, perangkat pena, pengenalan karakter dan sosialisasi bunyi, perangkat papan ketik permanen yg paling fleksibel serta paling tak jarang dipakai buat pribadi (insan) masuk ke personal komputer . Papan ketik umumnya memiliki karakter yg diukir atau dicetak pada masing-masing tombol serta tekan tombol umumnya simbol tertulis tunggal. Tetapi, buat membentuk beberapa simbol harus menekan serta menahan beberapa tombol secara bersamaan atau secara berurutan. Sementara tombol papan ketik yang membentuk huruf, nomor atau indikasi-tanda (karakter), tombol lain atau menekan tombol secara bersamaan dapat membuat tindakan atau perintah pada personal komputer .
Dalam penggunaan normal, papan ketik dipakai buat memasukkan teks serta nomor ke dalam pengolah kata editor, teks atau acara lain. Dalam sebuah personal komputer terkini, penafsiran umumnya tombol kiri buat software. Sebuah papan ketik personal komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lainnya serta melaporkan semua fokus tombol buat mengontrol perangkat lunak. Papan ketik juga dipakai buat permainan personal komputer , baik dengan papan ketik biasa atau papan ketik spesifik yang menggunakan fitur game, yang bisa mempercepat kombinasi tombol yg acapkali dipakai. Sebuah papan ketik pula digunakan buat menaruh perintah ke sistem operasi personal komputer , misalnya Ctrl-Alt-Delete di Windows, yg menyediakan jendela tugas menutup personal komputer . Ini satu-satunya cara buat memasukkan perintah pada antarmuka baris perintah.
Pengertian  serta jenis-jenis Keyboard
 Keyboard adalah indera buat menuliskan perintah melalui aksara serta angka ke pada layar monitor yg sebelumnya perintah tadi diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara generik sama menggunakan tombol dalam mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard buat aksara, nomor dan perintah lainnya lebih banyak menurut dalam yg terdapat dalam mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam personal komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia  serta personal komputer .
Berikut ini beberapa jenis serta bentuk keyboard:
1. Keyboard QWERTY


Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan kumpulan huruf dalam barisan paling atas dalam keyboard. Keyboard ini diproduksi sang Perusahaan Remington pada tahun 1873 serta rancangan keyboard ini pertama kali digunakan dalam mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih buat mengurangi loncatan penekanan tombol yang nir sengaja pada mesin ketik manual. Misal alfabet ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering dipakai beserta pada kalimat bahasa Inggris. Sampai waktu ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.
2. Keyboard DVORAK

Keyboard ini dibentuk pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan dari prinsip kerja biomekanis serta efisiensi. Susunan letak tombol huruf menggunakan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sebagai akibatnya 56 % ketukan terdapat pada tangan kanan serta jari-jari yg lebih banyak bekerja merupakan jari telunjuk, jari tengah, serta jari anggun. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yg terdapat dalam baris tengah lebih seringkali diketuk kira-kira hingga 70 % serta perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,alfabet -alfabet yang umum, umumnya berada dibawah jari-jari yang mayoritas serta Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan.
3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat menggunakan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu menggunakan memisahkan ke 2 bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri serta kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibentuk miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG memiliki tombol-tombol yang dibentuk lebih dekat (tipis) menggunakan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu lantaran dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
4.chorD Keyboard

Hanya memiliki beberapa tombol antara 4 hingga 5. Untuk memasukkan suatu alfabet wajib menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok buat aplikasi yg portabel. Waktu pelatihan singkat, fokus tombo-tombol mencerminkan bentuk alfabet yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena dalam pemakaian yg usang akan menyebabkan kelelahan dalam tangan.
5.keyboard MALTRON

Tak misalnya keyboard pada umumnya yg datar, keyboard ini dibuat relatif cekung ke pada. Dengan pertimbangan bahwa pada waktu jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin nir akan menciptakan satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa dalam dasarnya, hanya dipakai 8 jari berdasarkan sepuluh jari yg tersedia saat manusia mengetik menggunakan keyboard biasa.dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan wajib mengikuti keadaan menggunakan bentuk keyboard. Hal ini dianggap oleh mereka dapat mengakibatkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan menggunakan tangan. Dengan bentuk yg unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan pada saat mengetik sehingga tidak mengakibatkan RSI bahkan mampu jadi akan mempercepat mengetik karena yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
6. Keyboard Proyeksi

Untuk berhemat tempat (diletakkan di atas bagian atas apa saja asalkan datar), Bekerja dengan memakai sensor mobilitas, apabila jari melakukan gerak eksklusif, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip personal komputer seolah user menekan tombol eksklusif. Digunakan misalnya pada PDA menjadi pengganti mouse.

Demikianlah misteri pada pulang penciptaan keyboard papan ketik komputer, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: //malammbegadang.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RAHASIA DI BALIK PENCIPTAAN KEYBOARD PAPAN KETIK KOMPUTER"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel