-->

SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DAN PELESTARIANNYA

Warga belajar dan anak didik--sekalian, pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menyelidiki balik tentang Sumber Daya Alam (SDA) yang ada pada Indonesia, bagaiman pelestariaannya dan apa saja sumber daya alam yg ada pada Indonesia yang bisa dimanfaatkan buat kesejahteraan penduduk Indonesia.
1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam atau yg acapkali disingkat SDA merupakan semua yg terdapat pada alam, yaitu output bentukan alam yang berguna dan dapat dimanfaatkan sang insan buat memenuhi kebutuhan hidupnya pada mencapai kesejahteraan.
Untuk dapat mempertahankan hidupnya manusia wajib memenuhi segala kebutuhannya. Kebutuhan itu dapat berwujud benda atau materi, dapat juga nir berwujud benda. Benda kebutuhan insan poly masih ada pada sekeliling kita, misalnya tanah, air, udara, minyak bumi, batu bara, batu, pasir, kayu, fauna, serta serangga. Selain itu insan jua membutuhkan energi listrik, panas matahari, serta yang nir berwujud benda tetapi berupa energi (tenaga).
Semua kebutuhan manusia tadi ada pada alam, manusia tinggal memanfaatkannya. Oleh karenanya dianggap sumber daya alam.
Sumber daya alam merupakan semua yg ada di alam, yg berhasil bentukan alam yang bermanfaat dan bisa dimanfaatkan sang manusia buat memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kesejahteraan.
2. Pembagian Sumber Daya Alam
a. Sumber daya alam yg dapat diperbaharui.
Sumber daya alam yg dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila telah terpakai, bisa terbentuk kembali yang ditimbulkan kekuatan proses alam.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tak jarang juga disebut asal daya alam yg dapat pulih. Sumber daya alam ini bisa pulih menggunakan sendirinya yaitu melalu daur (Daur) atau dapat jua pulih menggunakan campur tangan manusia. Sumber daya alam yg dapat diperharui ada tiga jenis yaitu sumber daya alam botani, yg berasal dari tumbuh-tanaman . Sumber daya alam fauna yg asal berdasarkan fauna atau hewan, dan asal daya yg mengalami siklus seperti tanah, air serta udara.
1) Sumber daya alam nabati
Sumber daya alam yang asal dari tumbuh-flora serta diharapkan buat memenuhi kebutuhan hidup insan merupakan asal daya alam nabati. Tumbuh-tumbuhah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti memanfaatkan butir, daun, kulit, batang, akar maupun bunganya. Bahkan residu pupuk yang sudah lapuk serta hancur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.
Tumbuh-tumbuhan sesudah diambil manfaatnya dapat pulih kembali karena tumbuh dan berkembang biak. Pemulihan ini dapat dilaksanakan oleh alam tanpa campur tangan insan, atau bisa jua dibudidayakan sang insan. Sebagai salah satu model Anda dapat memperhatikan gambar kebun kelapa pada atas. Pada gambar tadi kita dapat melihat output budidaya kelapa, yg adalah keliru satu bentuk campur tangan insan pada pemulihan kembali sumber daya alam botani.
2) Sumber daya alam hewani
Sumber daya hewani yaitu asal daya yang berasal berdasarkan fauna yg diperlukan manusia buat memenuhi kebutuhan hidup.sumber daya alam hewani dapat dari menurut hewan darat, hewan air (jenis ikan) serta hewan yang bisa terbang (jenis burung). Sumber daya alam dapat pulih balik lantaran berkembang biak.
3) Sumber daya alam yg mengalami siklus tanah serta air
Tanah dan air bisa dimasukan ke pada gerombolan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tanah yg kekurangan unsur hara dapat pulih pulang sebagai tanah fertile karena proses dan kekuatan alam, atau oleh campur tangan insan dengan cara dipupuk.
Sumber daya air yang meliputi air tanah serta air permukaan bila habis digunakan akan ada lagi. Air tanah apabila habis terpakai akan keluar lagi dalam bentuk mata air yg berasal menurut air resapan menurut bagian atas tanah. Demikian jua ari di permukaan tanah misalnya air danau, waduk, serta sejenisnya apabila habis terpakai atau terjadi penguapan maka dapat pulih pulang sang air hujan. Hujan adalah air yg asal berdasarkan penguapan air permukaan serta air laut. Air bagian atas selain terpakai dan mengupa jua mengalir ke laut melalui sungai. Peristiwa alam tersebut diklaim juga daur hidrologi. Huntuk detail daur hidrologi ini marilah perhatikan gambar Daur (daur) Hidrologi menurut Holtzman pada bawah ini ;
        
Siklus-daur-%2BHidrologi%2BHolzman.jpg
Gambar Daur (siklus) Hidrologi berdasarkan Holtzman

b. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui
Sumber daya alam yang nir dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yg bila sudah dipakai akan habis atau hancur.
Sumber daya alam hasil tambang serta hasil penggalian adalah asal daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau dianggap sumber daya habis digunakan. Barang-barang tambang pada bagian atas bumi ini dibentuk oleh kekuatan alam serta proses alam selama berjuta-juta tahun. Setelah dipakai barang-barang itu akan habis dan nir ada lagi penggantinya, lantaran proses pembentukan memakan saat yang sangat lama . Lantaran itu asal daya alam yg nir bisa diperbaharui harus digunakan dengan hemat serta hati-hati. Untuk memperoleh asal daya alam yang nir dapat diperbaharui diharapkan porto yg sangat akbar, peralatan yg canggih, dan energi ahli. Salah satu contoh untuk memperoleh asal daya alam yg nir bisa diperbaharui.
3) Berbagai Sumber Daya Alam yang Ada pada Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yg relatif majemuk. Berbagai asal daya alam yg terdapat pada Indonesia adalah menjadi berikut :
a. Sumber daya alam yg dapat diperbaharui mencakup :
1) Sumber daya alam botani, contohnya dapat diperoleh melalu :
- Pertanian rakyat
- Perkembunan, dan
- Kehutanan
2) Sumber daya alam hewani, contohnya dapat diperoleh berdasarkan :
- peternakan, dan
- alam perikanan.
b. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui meliputi:

1) Sumber daya alam mineral, mencakup :
- timah
- alumunium
- tembaga
- emas dan perak
- mangan
- biji besi.
Selain itu sumber daya alam mineral lainnya termasuk dalam mineral industri (mineral nonmetalik) adalah menjadi berikut :
- fosfat,
- belerang
- batu gamping
- kaolin
- fosfat serta mika
- intan
- pasir kuarsa.
Selain mineral nonmetalik pula terdapat sumber daya alam mineral organis (berasal dari jasad hayati) atau organisme diantaranya :
- aspal
- batubara
2) Sumber daya alam tenaga, yaitu asal daya alam yang mencakup:
- minyak bumi dan gas alam
- batubara.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DAN PELESTARIANNYA"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel