-->

MANFAAT USAHA PETERNAKAN DI INDONESIA

Warga belajar dan para murid--sekalian, Usaha peternakan bertujuan buat memenuhi kebutuhan akan bahan pangan protein hewani. Hasil tenak di Indonesia dimanfaatkan buat kebutuhan pada negeri, lantaran output ternak tersebut belum mencukupi bagi konsumsi semua penduduk secara merata. Oleh sebab itu pemerintah terus berusaha memperbesar produksi peternakan menggunakan memberikan bimbingan dan penyuluhan, menaikkan jumlah tenaga medis ternak, menyediakan bibit unggul , memberantas penyakit ternak, serta memperluas wilayah peternakan.
Usaha peternakan sangat berafiliasi dengan :

a. Lingkungan alam, yg meliputi: iklim, loka, tersedianya bahan makanan ternak dan asal air.
b. Sosial budaya, pada negara kita kepercayaan serta norma adat penduduk beragam. Agama serta istiadat-istiadat itu mempengaruhi bisnis peternakan. Misalnya dikalangan rakyat beragama Islam, ternak yg diusahakan merupakan kerbau, sapi, kuda, ayam, serta sebagainya. Babi haram bagi agama Islam, sang karenanya kita tidak menemukan peternakan babi pada daerah yg sebagian besarpenduduknya beragama Islam.
c. Ekonomi, penduduk Indonesia memelihara ternak buat merogoh manfaat dari daging, energi, kotoran, dan susu menjadi tambahannya.
Ada beberapa jenis peternakan pada Indonesia

Peternakan pada Indonesia bisa dibedakan atas :
a. Ternak besar , yaitu sapi, kerbau, kuda.
b. Ternak sedang, kambing, domba, babi
c. Ternak unggas, yaitu ayam, itik, burung.
Dilihat dari jenisnya, pengembangan ternak dapat dikelompokan menjadi ternak fauna besar , ternak hewan mini , dan ternak unggas.
a. Jenis-jenis hewan besar adalah sebagai berikut :
1) Sapi, manfaat yang diambil dari ternak ini adalah tenaga, daging, serta susunya. Peternakan sapi/lembu banyak diusahakan di Jawa, Madura, dan Nusa Tenggara.
2) Kerbau, ternak ini bisa dimanfaatkan energi dan daginnya. Ternak ini tersebar di seluruh Indonesia, misalnya di Jawa, Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan, Sulawesi Selatan, serta Flores.
3) Kuda, manfaat yang bisa diambil merupakan tenaganya. Jenis-jenis kuda yang terkenal di tanah air kita, yaitu kuda Batak, masih ada pada Tapanuli, kuda Makasar, poly masih ada di Sulawesi, kuda Sandel serta kuda Bima, bandyak masih ada di Nusa Tenggara (Sumba, Sumbawa, Sawu, Roti, serta Timor).
b. Jenis-jenis hwan sedang atau kecil adalah sebagai berikut :
1) Kambing serta biri-biri, dari ternak ini bisa diambil manfaatnya yaitu daging, susu, dan bulunya (untuk bahan wol). Kambing dan biri-biri pada Indonesia merupakan ternak famili. Oleh karenanya hanya diambil dagingnya saja atau menjadi ternak simpanan yang sewaktu-waktu bisa dijual. Ternak ini poly dijumpai di daerah pedesaan Jawa.
2) Kelinci, ternak ini terutama diambil dangingnya. Pada umumnya adalah ternak keluarga. Ternak kelinci acapkali pula diambil kulitnya untuk membuat topi serta berbagai kerajinan lainnya.
3) Ternak unggas yg meliputi :
(a) Ayam
(b) Itik atau bebek
(c) Burung Puyuh
Hampir setiap famili pada pedesaan Indonesia memelihara ayam dan itik atau bebek, lantaran betermsk ayam serta itik nir memerlukan syarat pemeliharan spesifik. Manfaat yg diambil berdasarkan ternak unggas adalah daging serta telurnya. Selain itu sering pula diambil bulunya buat  pembuatan kemucing (sulak) yaitu indera pembersih meja serta sebagainya. Khususnya itik atau bebek serta angsa bulunya bisa dipakai buat pembuatan suttlekock (bola bulu tangkis).
Sumber : di rangkum dari kitab Modul IPS Geografi Program Paket B Sekolah Menengah pertama 2011

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MANFAAT USAHA PETERNAKAN DI INDONESIA"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel