TERKUAK RAHASIA WARNA BIRU YANG COCOK MENJADI PILIHAN FACEBOOK
12:09 PM
Edit
Zona bucin---Warga belajar serta siswa sekalian, hampir seluruh orang sudah punya yg namanya Facebook, kalian tentunya masih jangan lupa warna dan lambang berdasarkan jejaring sosial Facebook, Raksasa media sosial Facebook selalu identik menggunakan rona biru. Warna ini mendominasi hampir seluruh antar muka jejaring sosial terbesar serta terbanyak penggunanya pada global itu.
Namun, pernahkah kalian memikirkan kenapa yg dipilih warna biru, bukan warna yang lain?
Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah serta hijau.
Jadi, Zuckerberg melihat rona biru adalah rona yg terbaik baginya.
"Saya bisa melihat semua rona biru," katanya dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.
Mungkin jawaban Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun menurut penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi eksklusif bagi orang yg melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seorang pada membeli sebuah produk atau jasa.
Terlebih lagi, alat penglihatan merupakan alat yang paling berkembang sangat bertenaga pada sebagian besar manusia. Ini merupakan hal masuk akal mengingat 90 persen penilaian buat mencoba suatu produk dibentuk berdasarkan rona.
Begitu jua menggunakan warna biru. Warna ini menaruh kesan tenang, kredibel, dan bisa diandalkan. Selain Facebook, warna biru poly dipakai oleh sejumlah perusahaan populer lainnya buat logo mereka.
Namun, pernahkah kalian memikirkan kenapa yg dipilih warna biru, bukan warna yang lain?
Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah serta hijau.
Jadi, Zuckerberg melihat rona biru adalah rona yg terbaik baginya.
"Saya bisa melihat semua rona biru," katanya dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.
Mungkin jawaban Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun menurut penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi eksklusif bagi orang yg melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seorang pada membeli sebuah produk atau jasa.
Terlebih lagi, alat penglihatan merupakan alat yang paling berkembang sangat bertenaga pada sebagian besar manusia. Ini merupakan hal masuk akal mengingat 90 persen penilaian buat mencoba suatu produk dibentuk berdasarkan rona.
Begitu jua menggunakan warna biru. Warna ini menaruh kesan tenang, kredibel, dan bisa diandalkan. Selain Facebook, warna biru poly dipakai oleh sejumlah perusahaan populer lainnya buat logo mereka.
Perusahaan-perusahaan misalnya Dell, AT&T, Twitter, IBM, HP, hingga Vimeo memakai warna biru pada logo mereka.
Selain logo, internet jua memakai warna biru menjadi warna primer hyperlink pada sebagian besar website. Tetapi pemilihan rona biru ini sama sekali tidak sinkron berdasarkan alasan di atas.
Tim Berners-Lee, penemu primer web, diyakini sebagai orang yg pertama kali membuat hyperlink berwarna biru. Mosaic, nenek moyang peramban web, hanya mampu menampilkan page web dengan latar belakang abu-abu pada teks hitam.
Itulah rona paling gelap yang tersedia pada ketika itu serta masih mampu dibedakan menggunakan menggunakan teks warna biru. Oleh karena itu, buat membedakan hyperlink dengan teks biasa dipilihlah rona biru, sebagai akibatnya nyaman saat dibaca.
Semua ini menjadi sangat menarik bahwa hanya membarui hal yg mini seperti rona mampu membuat sesuatu yg besar .
Demikianlah para siswa dan masyarakat belajar sekalian, mengapa warna biru sebagai pilihan facebook sebagai icon berdasarkan rona antar muka mereka. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber: Huffingtonpost.com