-->

BIOLOGI FUNGSI ALAT TUBUH PADA TUMBUHAN PERNAPASAN PADA TUMBUHAN

Pernapasan Pada Tumbuhan

A. Tujuan

Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini, Anda diperlukan bisa:
  1. Menuliskan kembali proses pernapasan menggunakan benar
  2. Menjelaskan sistem pernapasan pad flora tingkat tinggi
  3. Menjelaskan sistem pernapasan dalam tumbuhan taraf rendah
  4. Menunjukan berita bahwa tumbuhan melakukan aktivitas bernapas
  5. Menyebutkan hasil primer dari proses pernapasan.
B. Pokok Materi
  1. Proses Pernapasan (Respirasi)
  2. Pernapasan pada Tumbuhan Tingkat Tinggi
  3. Pernapasan dalam Tumbuhan Tingkat Rendah
C. Uraian Materi

1. Proses Pernapasan (Respirasi)

Salah satu ciri dari makhluk hayati merupakan bernapas. Dengan demikian, selama flora serta hewan hidup, selama itu jua melakukan proses pernapasan. Sehingga nir heran bila rakyat pada umumnya acapkali menggunakan istilah "telah menghembuskan napas yg terakhir" menjadi kata lain berdasarkan wafat atau meninggal dunia.

Dalam hayati, istilah pernapasan atau respirasi mempunyai dua pengertian. Yang pertama, respirasi sel atau proses oksidasi dn yg kedua merupakan respirasi eksternal yang lebih  umum dikenal menggunakan pertukaran gas oksigen (O₂) serta karbondioksida (CO₂) antara organisme dengan lingkungannya.

Dengan menggabungkan kedua pengertian tersebut dapat kita katakan bahwa pernapasan merupakan masuknya gas oksigen ke pada tubuh organisme buat suatu proses oksidasi atau pembakaran kemudian diikuti oleh gas karbondioksida dah output sampingannya berupa uap air.

Hasil primer dari proses pernapasan merupakan tenaga. Energi yg merupakan hasil pembakaran dipakai buat segala aktivitas hayati organisme. Bahan yg umunya dibakar atau dioksidasi adalah karbohidrat, persamaan kimia menurut suatu proses respirasi yaitu C₂H₁₂O₆+6O₂ ➔ 6H₂O + 6CO₂ + Energi. Degan melihat persamaan tersebut, tampak bahwa proses respirasi atau pernapasan adalah reaksi kebalikan berdasarkan proses fotosintesis.

Proses pernapasan ini baik pada hewan juga dalam tanaman terjadi sepanjang siang dan malam.

2. Pernapasan dalam Tumbuhan Tingkat Tinggi

Pada tanaman tingkat tinggi, udara ke luar masuk melalui stomata (ekspresi daun) pada daun atau lentisel (verbal kulit btg) dalam btg. Oksigen masuk ke sel-sel tanaman serta karbondioksida ke luar dari sel-sel flora pribadi secara difusi.

Penampang%2BDaun%2Bdan%2BStomata-Kimbal-1983.png


Selain pada daun dan btg, akar yang terdapat di pada tanah juga melakukan pernapasan. Karena itu umumnya flora nir akan hayati dengan baik bila tanahnya pada (sebagai akibatnya tidak terdapat udara pada antara buah-butir tanahnya) atau tanahnya tergenang air.

Sekarang anda tahu, mengapa para petani selalu menggemburkan tanah pertaniannya. Dalama kehidupan sehari-hari kita temui adanya cacing tanah yang hayati di tanah-tanah eksklusif.

Apakah adanya cacing tanah dapat merugikan atau justru dapat menguntungkan para petani? Jelaskan mengapa demikian?

Timbuh-flora taraf tinggi, terdapat pula yang mempunyai alat pernapasan spesifik berupa rongga udara pada pada batangnya. Alat khusus ini umumnya dimiliki sang tanaman yang hidup pada air seperti padi, kangkung serta eceng gondok.

Beberapa anggrek yg epifit (melekat dalam flora lain) memiliki akar napas, yaitu akar yg dipakai buat bernapas. Akar-akar ini bergantungan di udara.

Beberapa jenis pohon lain memiliki akar spesifik buat bernapas, misalnya pohon beringin (memiliki akar gantung) serta pohon bangkai (memiliki akar tiang).

Tumbuhan yang hayati pada dalam air, misalnya Hydrilla, tidak mempunyai lisan daun. Gas-gas yang diperlukan buat pernapasan masuk ke dalam tubuh melalui semua permukaan tubuhnya secara difusi.

Untuk pertanda adanya pernapasan pada flora dapat dilakukan percobaan menggunakan memakai air kapur yang ditempatkan dalam sebuah botol dan tumbuhan yang dimasukan ke dalam botol air kapur tadi. Jika air kapur berubah menjadi keruh berarti terdapat proses pernapasan. Air kapur akan bereaksi menggunakan karbondioksida sebagai akibatnya larutan air kapur tadi sebagai keruh. Untuk lebih jelasnya lakukan kegiatan ini dia:

  1. Sediakan 2 buah botol, kain kasa-air kapur serta tutup botol. Berilah pertanda pada masing-masing botol, contohnya botol A serta B.
  2. Susunlah indera-alat tadi misalnya dalam gambar 1.tiga pada gambar A, kain kasa berisi tumbuhan (kecambah) sedangkan pada botol B kain kasa tidak berisi tumbuhan.
  3. Letakan kedua botol tersebut pada loka yang gelap selama ±1 jam
  4. Amati air kapur yang terdapat dalam botol A serta B
  5. Apa yang terjadi pada botol A dan Botol B? Apa kesimpulan Anda menurut kegiatan ini. 

3. Pernapasan pada Tuumbuhan Tingkat Rendah

Pada tanaman tingkat rendah yg berhijau daun (berklorofil), oksigen diambil serta karbondioksida dikeluarkan melalui selaput sel secara difusi.

Untuk menerima energi, jamur ragi nir melakukan pernapasan menggunakan memakai oksigen bebas, tetapi memakai oksigen terikat dalam molekul lain atau unsur lain dengan bantuan enzim (fermen) pada menguraikan zat terapung menjadi alkohol serta karbondioksida.

      Zat tepung ------------------> alkohol + karbondioksida + Energi


Kemampuan ragi atau bakteri-bakteri lain buat mengadakan fermentasi ini, tidak saja dimanfaatkan buat pembuatan tape, namun jua buat pembuatan alkohol, minuman memabukan, roti dan sebagainya.

D. Kata-istilah Penting

Pernapasan Aerob : pernapasan dengan memakai oksigen

Pernapasan Anaerob : pernapasan tanpa memakai oksigen bebas
Difusi  :  perpindahan zat menurut konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tanpa melalui membran semipermiabel.
Oksidasi  : proses pembakaran menggunakan memakai gas
Epifit  :  hayati menempel pada flora lain
Energi  :  tenaga
Fermen  :  enzim
Konsentrasi  :  kepekatan
Lentisel  :  lisan kuning batang
Respirasi  :  pernapasan
Respirasi sel  :  pernapasan
Respirasi eksternal  :  pertukaran gas antara organisme dengan lingkungannya.
Stomata  :  mulut daun
Fotosintesis  :  proses penyusunan kuliner menggunakan bantuan tenaga cahaya yg dilakukan sang tumbuh-flora yang memiliki zt hijau daun (klorofil).  

E. Rangkuman


Alat pemukul yang terdapat pada tumbuhan bersel banyak dan sebagian akbar terjadi melalui pembuluh. Tumbuhan mengeluarkan sisa-residu pembakaran melalui stomata (ekspresi daun) serta bagian tertentu.


F. Latihan/ Soal-soal

  1. Uraikan dengan kata-kata sendiri, apa yang dimaksud menggunakan proses pernapasan.
  2. Berapa jenis tanaman tinggi yang mempunyai bagian spesifik buat melakukan pernapasan. Sebutkan bagian-bagian spesifik tersebut beserta model tumbuhannya, masing-masing 2 buah
  3. Tuliskan disparitas peristiwa pengambilan oksigen antara tumbuhan tingkat tinggi menggunakan tumbuhan taraf rendah yg berklorofil
  4. Mengapa pohon tomat akan meninggal bila tanah loka tumbuhnya tergenang air
  5. Coba anda analisis. Apakah keberadaan cacing tanah dalam tanah pertanian merugikan atau menguntungkan bagi petani.

Baca jua Pembahasan  Alat Pengangkutan Tumbuhan !!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BIOLOGI FUNGSI ALAT TUBUH PADA TUMBUHAN PERNAPASAN PADA TUMBUHAN"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel