-->

FUNGSI TUJUAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAKET A B dan C

Memaknai Pendidikan pada Indonesia secara umum, pada pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pemerintah sudah tetapkan bahwa pendidikan merupakan prioritas dalam pembangunan. Dalam penyelenggaraan pembangunan pendidikan ini acuan dasarnya artinya Undang-undang Nomor 20 tahun2019 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam undang-undang tadi dijelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur formal, nonformal, serta informal. Pendidikan kesetaraan adalah acara jalur pendidikan nonformal yang terdiri berdasarkan program Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Peket C setara SMA/MA.

Salah satu fungsi acara Paket A dan Paket B artinya buat mendukung suksesnya acara wajib belajar pendidikan Dasar 9 tahun menggunakan target penduduk usia Pendidikan Dasar yg lantaran banyak sekali hal nir mengikuti atau tertampung pada SD/MI dan Sekolah Menengah pertama/MTs. Sedangka acara Paket C diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan belajar rakyat yg ingin memperoleh pendidikan secara Sekolah Menengah Atas (Sekolah Menengah Atas/MA).

Dalam program dan kegiatan Pembelajaran Program Paket A, Paket B, dan Paket C dilakukan melalui pendekatan tutorial, belajar gerombolan , serta belajar berdikari dengan menggunakan bahan belajar yang sinkron. Salah satu bahan belajar berupa modul yg menerapkan prinsip ketuntasan belajar dan maju berkelanjutan. Dengan prinsip seperti ini peserta didik dapat belajar lebih berdikari didampingi tutoria dalam waktu-saat eksklusif. Ketersediaan bahan belajar yang bermutu, bervariasi, serta dalam jumlah yang cukup merupakan galat satu indikator keberhasilan pendidikan kesetaraan. 


Menurut pengalaman penulis dilapangan, aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh warga belajar cenderung berorientasi dalam kebutuhan fungsional, dimana warga belajar akan aktif melakukan kegiatan pembelajaran tadi sejauh aktivitas pembelajaran tadi bisa langsung mendukung kegiatan usaha atau kehidupan mereka sehari-hari. Orientasi belajar yang dilakukan lebih bersifat kepentingan ekonomi dan usaha yg dilakukan masyarakat belajar sehari-hari.

Karena itu buat kepentingan pembelajaran masyarakat belajar,  seharusnya pihak terkait menyusun bahan belajar dan modul Paket A, Paket B, dan Paket C buat memperluas keragaman pelayanan bahan-bahan belajar bagi peserta didik pendidikan kesetaraan, baik masyarakat belajar setara maupun warga belajar paket A, Paket B, Paket C Fungsional. 

Sumber : disarikan berdasarkan aneka macam asal PNF Kesetaraan !!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "FUNGSI TUJUAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAKET A B dan C"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel