-->

PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL

Warga belajar sekalian, berikut ini kita akan mencoba merangkum mengenai pengertian 'stratifikasi sosial' dalam bahasan Materi Pelajaran dalam Mata Pelajaran Sosiologi. Agar rakyat belajar tahu bagaimana stratifikasi atau pelapisan sosial dapat terjadi dan dibangun dalam warga sebagai berikut :

Stratifikasi atau pelapisan sosial adalah terjemahan berdasarkan Bahasa Inggris yaitu "social stratification" yg berarti stratifikasi sosial. Kata stratification berasal berdasarkan istilah stratum yg dijamakan sebagai strata, yg berarti lapisan atau berlapis-lapis. 
Mengacu pada pengertian tersebut, seseorang tokoh sosiologi, Pitirim A. Sorokin, menyatakan bahwa sosial stratification merupakan pembedaan penduduk atau warga ke pada kelas-kelas secara bertingkat (hierarki). Perwujudannya merupakan kelas-kelas tinggi dan kelas yg lebih rendah. Dasar serta inti lapisan pada masyarakat merupakan tidak adanya keseimbangan dalam pembagian hak serta kewajiban dan tanggung jawab nilai-nilai sosial dan pengaruhnya pada antara anggota-anggota warga .

Perlu warga belajar pahami bahwa lapisan sosial yg ada dalam masyarakat kita mulai terdapat sejak insan mengenal kehidupan beserta di dalam suatu organisasi sosial. Misalnya, dalam rakyat tradisional, pelapisan sosial mula-mula didasarkan dalam disparitas seks, perbedaan antara yang dipimpin serta pemimpin, serta keturunan. Bentuk-bentuk lapisan sosial dalam rakyat berbeda-beda dan banyak sekali. Baik dalam warga kapitalis, demokrasi,  juga komunis. Makin rumit dan maju teknologi suatu warga , makin kompleks pula sistem pelapisan masyarakatnya.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel