-->

KEUTAMAAN MEMBACA DAN TADARUS ALQURAN

Tadarus berasal dari kata "Tadrusun" yg merupakan mempelajari atau mempelajari, jadi tadarus Al'Qur'an merupakan mengkaji serta menilik Al'Qur'an. Membaca (wa qari') serta menilik Al'Qur'an terutama dibulan Ramadhan yang dianggap menjadi bulan Al'Qur'an akan mendapatkan sejumlah keutamaan yaitu :

Seseorang akan mendapatkan ciri menjadi seorang beriman. Allah SWT berfirman yang ialah: "Orang-orang yang telah kami berikan Al-buku kepadanya, mereka membacanya menggunakan bacaan yg sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya" (QS. Al-Baqarah : 121)
Dibuatkan dinding mediator berdasarkan orang-orang yg tidak beriman, Allah SWT berfirman yang artinya: Dan jika kamu membaca Al'Qur'an niscaya kami adakan antara kamu dan orang-orang yg nir beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yg tertutup (QS. Al-Israa : 45)
Mendapatkan obat jiwa serta rahmat. Allah SWT berfirman yang adalah: Dan kami turunkan berdasarkan Al'Qur'an suatu yang sebagai penawar serta rahmat bagi orang-orang yang beriman..." (QS.al-Israa : 82).
Mendapatkan ketenangan jiwa lahir batin. Allah SWT berfirman yang adalah: Allah sudah menurunkan perkataan yg paling baik (yaitu) Al'Qur'an yg berupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenya kulit orang-orang yg takut pada Tuhannya, kemudian menjadi damai kulit serta hati mereka di ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, menggunakan Kitab itu beliau menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya, dan barang siapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seseorang pemimpinpun (QS Az-Zumar : 23).
Sementara itu, di dalam hadis-hadis diterangkan bahwa wa qari' (pembaca) Al'Qur'an akan menerima sejumlah keutamaan lain, yaitu:
Mendapatkan syafaat berdasarkan Al'Qur'an itu sendiri. Nabi SAW bersabda yg adalah: Bacalah Al-Qur'an, nanti pada hari kiamat beliau akan tiba memberikan syafaat pada pembacanya (HR.muslim).
Mendapatkan predikat umat terbaik. Nabi SAW bersabda yang artinya: Sebaik-baiknya orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al'Qur'an dan mengajarkannya (HR.bukhari Muslim).
Terhindar berdasarkan penyakit piku, Nabi SAW bersabda yg adalah: Barang siapa yg membaca Al'Qur'an (secara terus menerus) tidak akan terjerumus kedalam kepikunan (HR. Muslim)
Mendapatkan pengakuan Allah SWt sebagai Ahlulah (famili Allah SWT). Rasulullah SAW memperlihatkan bahwa "Allah SWT mempunyai dua keluarga yaitu Ahlulah-Qur'an (pembacanya) dan orang-orang terkemukanya. "(HR. Nasa'i dan Ibnu Majah).
Mendapatkan ketentraman. Nabi SAW bersabda yang merupakan: tidaklah berkumpul suatu kaum di rumah Allah untuk membaca serta mengusut buku Allah pada antara mereka, melainkan turun kepada mereka ketentraman, mereka dilingkupi oleh para malaikat dan Allah SWT membanggakan mereka pada sisi-Nya (HR. Muslim).
Mendapatkan kebajikan yg banyak. Nabi SAW bersabda yang artinya: Barang siapa membaca satu huruf Al'Qur'an kepadanya satu kebajikan serta satu kebajikan sepuluh kali lipat, aku nir mengatakan alif lam mim satu alfabet , namun alif satu huruf lam satu huruf dan mim satu huruf. (HR. Tarmidzi).
Mendapatkan martabat yg tinggi pada akhira. Nabi SAW menunjukkan bahwa ; orang yang membaca Al'Qur'a, pada akhirat disuruh lagi membacanya; dan martabanya adalah akhir bacaannya (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Hiban dan Tirmidzi).
Mendapatkan kedekatan menggunakan para malaikat. Nabi SAW berasabda yang adalah: Orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat. Nabi SAW bersabda yang merupakan: orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat yang mulia lagi baik orang yang membaca Al'Qur'an terbata-bata karena sulit akan menerima dua pahala (HR. Bukhari Muslim).
Memdapatkan predikat orang yg taat. Nabi Muhammad SAW bersabda yg merupakan bersabda yang merupakan: Barang siapa yang membaca Al'Qur'an seratus ayat pada malam hari tercatat sebagai orang yang taat serta terjauh daripada lalai (HR. Hakim dan Ibnu Huzaimah).
Mendapatkan anugrah paling utama yang didapatkan oleh orang yang berdo'a. Nabi Muhammad SAW memperlihatkan bahwa: Barang siapa yg sibuk membaca Al Qur'an sebagai akibatnya tidak sempat berdo'a maka Aku (istilah Allah SWT) akan memberikan kepadanya apa yg paling primer akan aku berikan kepada mereka yang berdoa. 

Begitulah keutamaan membaca serta tadarus Al-Qur'an, Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayahnya kepada ...amin-amin ya Rabbal alamin.

Sumber: //residu-harimanusia.blogspot.com/2014/08/keutamaan-membaca-serta-tadarus-alquran.html
Gambar: images taken from Google

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KEUTAMAAN MEMBACA DAN TADARUS ALQURAN"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel