-->

MARI MENGENAL PANCASILA BAGI KITA WARGA NEGARA INDONESIA

Zona bucin----Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia. Seorang rakyat negara Indonesia yg bangga dan cinta dalam Pancasila tentu mempunyai komitmen buat mendukung dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana syair lagu yg kita kumandangkan setiap acara apel resmi di sekolah ataupun pada Instansi negara.


Lihatlah syair lagu Garuda Pancasila dibawah ini;


Mari kita renungkan dan bayangkan, bagaimana apabila sebuah tempat tinggal dibangun pada atas pasir, apa jadinya? Bangunan rumah itu akan mudah roboh waktu dihempas angin kencang atau badai yg menerjang. Sebagaimana bangunan rumah, suatu negara akan berdiri kokoh jika dibangun di atas pondasi atau dasar negara yang kuat. Pancasila merupakan dasar negara, fondasi bagi berdirinya sebuah bangunan yg bernama Negara Republik Indonesia. Agar Negara Kesatuan Republik Indonesia permanen berdiri kokoh maka Dasar Negara Pancasila harus kokoh dan bertenaga. Pancasila kokoh dan kuat apabila seluruh rakyat negara Indonesia melaksanakan nilai-nilai Pancasila, mendukung serta mempertahankannya.

Warga negara Indonesia harus tahu bagaimana proses perumusan serta penetapan Pancasila menjadi dasar negara sang para pendiri negara. Dengan demikian kita menjadi warga negara akan memahami betapa besar jasa dan pengorbanan mereka dalam mewujudkan berdirinya Negara kesatuan Republik Indonesia yg menurut Pancasila. Betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar Negara.

Keberadaan Pancasila di Indonesia sampai eksistensinya sampai kini sudah mengalami perjalanan yg sangat panjang, mulai semenjak digali hingga proses perumusan, melewati jalan yang panjang dan bersejarah. Rentang saat perumusan dalam tonggak-tonggak sejarah berdasarkan masuknya Jepang ke Indonesia yg kemudian tersedesak sang sekutu, janji kemerdekaan, pembentukan BPUPKI, dan proses perumusan dasar negara, telah ditorehkan pada garis perjalanan bangsa Indonesia. 


Baca pula selengkapnya Proses Perumusan Pancasila Di Indonesia pada sini !! 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel