-->

MENGENAL JENISJENIS BAHAN BAKAR PESAWAT TERBANG DI DUNIA

Bakar Pesawat Terbang-Gambar; Wikipedia
Zona bucin----Dalam dunia penerbangan, teknologi yg disebut sebagai teknologi dirgantara ini, memiliki kebutuhan bahan bakar bagi operasionalnya. Untuk mereka yg baru mengenal mengenai pesawat terbang, pasti penasaran apa sich bahan bakar pesawat terbang? Ya, moda transportasi yg satu ini memang tidak sama menggunakan moda transportasi generik lain. Bahan bakar adalah galat satu komponen penting pada menggerakkan sebuah alat transportasi. Tanpa bahan bakar, pesawat nir sanggup dipakai. Bahkan telah poly masalah mengenai kecelakaan pesawat dampak kekurangan bahan bakar ketika sedang melakukan penerbangan. Ini adalah bukti bahwa bahan bakar pesawat memegang peran krusial dalam sebuah pesawat. Lalu, apa sih bahan bakar pesawat terbang? Kali ini admin zona bucin akan mencoba mengulas tentang bahan bakar yang digunakan sang pesawat terbang.


Jenis-jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

Setiap tunggangan atau indera transportasi membutuhkan bahan bakar agar mampu berkiprah dan menjalankan manfaatnya. Tak terkeculai dengan pesawat terbang. Pada dasarnya, bahan bakar ibarat sebuah kuliner buat insan. Bahan bakar buat pesawat terbang tersedia pada dua jenis, yakni Avtur dan Avgas, serta perkembangan selanjutnya kita mengenal Bahan Bakar Biofuel.  Apa saja disparitas dan keunggulan dari masing-masing jenis bahan bakar tersebut? Mari kita lihat pada uraian berikut adalah;


Avtur

Beberapa pesawat terbang komersial menggunakan avtur menjadi bahan bakar primer. Avtur merupakan singkatan berdasarkan Aviation Turbine Fuel. Dalam dunia penerbangan internasional, bahan bakar ini juga disebut dengan Jet A-1 lantaran banyak sekali pesawat terbang jenis jet yang menggunakan bahan bakar ini. Bahan dasar buat membuat Avtur adalah minyak tanah. Apabila Anda pernah memasak menggunakan menggunakan kompor minyak, maka minyak tanah yg digunakan itulah yg menjadi bahan dasar pada pembuatan bahan bakar pesawat terbang jenis Avtur.

Bahan bakar penerbangan atau avtur merupakan bahan bakar jenis spesifik berbasis berdasarkan minyak bumi dipakai untuk daya pesawat. Pada umumnya kualitasnya lebih tinggi berdasarkan bahan bakar yg dipakai pada pelaksanaan yang lain, seperti mesin pemanasan atau mesin angkutan jalan, serta acapkali mengandung aditif buat mengurangi risiko icing atau ledakan akibat suhu tinggi, antara sifat-sifat lainnya.

Sebagian akbar bahan bakar penerbangan yang tersedia buat pesawat terbang jenis minyak bumi yang digunakan pada mesin dengan busi (yaitu mesin piston serta rotary Wankel), atau bahan bakar buat mesin turbin jet, yang jua dipakai pada mesin pesawat diesel. (sumber: //id.wikipedia.org/)


Avgas

Jika Anda berpikir bahwa Avgas adalah bahan bakar dari gas, maka Anda keliru! Avgas merupakan singkatan berdasarkan Aviation Gasoline, yakni homogen bensin yg diolah secara spesifik guna keperluan penerbangan (aviation). Umumnya, pesawat terbang yang memiliki ruang pembakaran pada (internal) yang memakai bahan bakar jenis Avgas. Itu adalah, hanya pesawat terbang yg memakai mesin Piston Engine yg sanggup menggunakan bahan bakar jenis ini. Berbeda menggunakan gasoline (bensin) yg dipakai untuk tunggangan bermotor, bensin yang diolah sebagai Avgas memiliki nilai oktan yg lebih tinggi sebagai akibatnya menciptakan mesin lebih higienis. Sifat menurut bahan bakar ini gampang terbakar, bahkan pada suhu normal. Avgas jua cepat sekali menguap. Maka hanya pesawat yang memiliki ruang pembakaran dalam saja yang bisa memakai bahan bakar ini.


Gambar: beritadaerah.co.id



Biofuel

Pesawat dengan Bahan Bakar Biofuel. Pada perkembangan teknologi yang semakin cepat, khususnya dibidang dirgantara, sekarang beberapa peneliti sedang berbagi bahan bakar pesawat terbang biofuel yang dianggap mampu sebagai alternatif terbaik di masa depan. Seperti kita ketahui bahwa persediaan minyak bumi semakin menipis serta menciptakan porto produksi sebagai lebih mahal. Dengan menggunakan bahan bakar jenis lain, diperlukan pada masa depan semua pesawat memakai bahan bakar yg ramah lingkungan dan nir merusak alam. Seperti apa bahan bakar biofuel terbaru?

Penelitian ini dilakukan sang ilmuwan Amerika yg berbasis pada Washington DC. Biofuel yang digunakan merupakan bahan bakar yg berasal menurut limbah kayu. Meski tidak menggunakan bahan bakar biofuel secara menyeluruh, tetapi perpaduan 20% biofuel limbah kayu menggunakan Avtur telah berhasil menerbangkan sebuah Jet dari bandara Seattle Tacoma ke bandara Reagan yg terletak di DC. Ini merupakan satu-satunya pesawat di dunia yg berhasil terbang menggunakan bahan bakar biofuel. Meski masih dalam tahap pengembangan, tetapi para peneliti yakin bahwa suatu saat nanti produk mereka akan membarui bahan bakar pesawat terbang berbahan dasar minyak bumi. Apalagi, biofuel dianggap lebih murah serta nir mempunyai pengaruh buruk bagi lingkungan.

Demikianlah sahabat zona bucin, tentang jenis-jenis bahan bakar pesawat terbang yang ada pada dunia ini, semoga berguna. Silakan dishare ya, bila ada sahabat-sahabat dan sahabat kalian yang membutuhkan bahan belajar tentang bahan bakar pesawat terbang. Terimakasih.


Sumber: Dirangkum berdasarkan aneka macam sumber !!

Referensi:
//tandapagar.com/bahan-bakar-pesawat/
//id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar_penerbangan
www.aripsusanto.com/p/bahan-bakarpesawat-terbang-secara.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL JENISJENIS BAHAN BAKAR PESAWAT TERBANG DI DUNIA"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel